Resep Minuman Tradisional Mudah dan Terjangkau

[lifestyle]



Pernahkan mendengar kalimat sehat tidak harus mahal? ternyata memang benar adanya. Sehat tidak harus diperoleh seperti gaya hidup orang-orang yang memiliki harta banyak, bukankah kakek nenek terdahulu juga bisa hidup sehat tanpa mengenal makanan dan obat-obatan yang mahal? Mengapa mereka bisa menjaga kesehatan nya tanpa mengeluarkan biaya yang tinggi?

Kesehatan bisa kita peroleh dengan cara yang sederhana misalnya dengan mencoba Resep minuman tradisional mudah dan terjangkau. Selain tidak mengeluarkan biaya yang banyak, mencoba resep minuman tradisional  bisa dibuat dengan menggunakan bumbu dapur dan bahan-bahan yang mudah ditemukan disekitar kita.

Resep minuman tradisional antara lain:

Jamu

Jamu dapat diracik sendiri dengan menggunakan bumbu dapur dan bahan pelengkap yang mudah terjangkau. Khasiat jamu antara lain untuk menyegarkan badan, menghilangkan pegal linu, sakit persendian hingga menghangatkan badan agar terhindar dari masuk angin. Bagi wanita, jamu dapat menjadi alternatif untuk melangsingkan badan, menghindarkan dari bau badan dan mencerahkan kulit. 


Bahan utama jamu yaitu jahe, kunyit, beras kencur, madu adalah bahan-bahan sederhana yang berkhasiat. Kita dapat dengan mudah meracik jamu. 

Resep Jamu Beras Kencur :

Beras putih
Kencur
Kunyit
Daun Sirih
Jahe
Gula Merah

Cara membuat : 

Rendam beras selama kurang lebih 30 menit, iris-iris kencur, kunyit, jahe. Rebus dengan air 2 liter. Didihkan sampai  menyusut hingga 1 liter. Setelah mendidih sisihkan. blender beras putih sampai jangan sampai menjadi jus, biarkan beras hingga berbutir halus saja. Ambil saringan taruh beras di atas saringan lalu guyur rebusan jamu ke atas beras hingga tersaring. Jamu sudah siap dihidangkan. Boleh juga ditambahkan gula merah atau madu. 

Jus

Minuman lainnya yang berkhasiat untuk kesehatan adalah jus. Jus yang dibuat dari buah-buahan dan sayuran dapat dengan mudah dibuat oleh siapa saja. Selain mendapatkan khasiat kesegaran buah asli yang sangat baik untuk kesehatan kita juga bisa mendapatkan manfaat vitamin dan mineral yang terkandung dalam buah.  

Teh

Teh sangat digemari oleh orang banyak karena cara pembuatannya yang mudah, dan sederhana. Selain bisa menghangatkan badan, teh juga dipercaya dapat menangkal radikal bebas sehingga menghindarkan diri dari penyakit kanker.

Kreasi Teh Pletok:

Di Indonesia banyak sekali minuman tradisional yang dapat dikreasikan dengan teh. Misalnya Es Teh Tape Ketan, Teh Beras Kencur, Teh Pletok, merupakan minuman tradisional yang berbahan dasar teh. Anda cukup mencampurkan teh dengan minuman khas Indonesia ini. 

Bahan :

Kayu manis
Teh  (Sariwangi boleh juga)
Daun pandan
Cengkih 
Jahe
gula merah

Cara membuat :

Rebus bahan-bahan di atas hingga menyusut 50%, saring lalu rendam teh ke dalam cairan dan tunggu hingga teh mengembang. Anda dapat menambahkan batu es jika menyukai minuman teh pletok dalam keadaan dingin. 

Selamat mencoba. Semoga selalu sehat dengan Resep Minuman Tradisional Mudah dan Terjangkau



1 comment

  1. Paling suka beras kencurnya. Oh ya klo Di rumah jga sering buat jamu kunyit asem.enak dan bnyak manfaatnya hehe

    ReplyDelete

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.