Resep Kacang Bawang Gurih dan Renyah



Kacang bawang adalah salah satu kue lebaran yang sering ada di dalam toples-toples ketika lebaran tiba. Kacang bawang sebetulnya adalah kacang-kacangan namun karena sering muncul di hari lebaran dan sering disejajarkan dengan kue lebaran maka sebagian masyarakat menamainya sebagai kue kacang bawang.

Untuk membuat kacang bawang sangat mudah. Tidak membutuhkan keahlian khusus atau resep-resep yang menjelimet. Namun meskipun tergolong mudah, kacang bawang perlu bumbu-bumbu yang pas agar mendapatkan rasa yang gurih dan enak. Perpaduan bumbu-bumbu inilah yang membuat cita rasa kacang bawang sangat nikmat.

Selain kacang bawang, kue-kue gurih lainnya juga sering menjadi langganan keluargaku di hari lebaran, misalnya kue atau keripik bawang, kacang telur, telur gabus dan sebagainya. Pokoknya yang gurih-gurih deh, karena kami sekeluarga suka yang gurih-gurih hehe..

Nah, aku akan berbagi resep kacang bawang andalan keluargaku yang sering menjadi pengisi toples di hari lebaran di rumah kepada pembaca setia blog ini ya..

Resep Kacang Bawang 

Kacang 1 kg (aku menggunakan kacang yang telah dikupas kulitnya)
Bawang merah 12 butir haluskan
bawang putih 12 butir haluskan
bawang putih 5 siung iris tipis
garam dan penyedap secukupnya
gula 1/2 sdt
Minyak untuk menggoreng

Cara membuat

Rendam kacang dengan air garam terlebih dahulu. Air yang digunakan adalah air panas mendidih. Rendam sekitar 1-2 jam. Setelah direndam segera tiriskan

Giling halus bawang merah, bawang putih dan garam. Baluri bumbu di atas kacang, diamkan kira-kira 30 menit hingga bumbu meresap.

Goreng di dalam minyak panas sambil sesekali diaduk untuk menghindari kacang gosong. Setelah kacang berwarna kuning dan agak mengering angkat menggunakan saringan penggorengan beserta bumbu halus yang tertinggal didalam minyak. Bumbu halus ini harus diangkat untuk menghindari minya berwarna hitam yang akan membuat kacang bawang terasa pahit.

Setelah smua kacang di goreng, saatnya menggoreng bawang putih iris. Goreng bawang putih yang telah diiris tipis sambil terus daduk untuk menghindari bawang gosong. setelah menguning angkat dan tiriskan. 

Tiriskan dan tunggu hingga minyak turun dan kacang mengering. setelah semua di goreng campurkan dengan bawang putih goreng aduk hingga irisan bawang putih goreng merata.

Siap di masukkan ke dalam toples (setelah kacang tidak terasa panas ya..)

Mudah bukan? 

Selamat mencoba.

8 comments

  1. mudah mudah susah sih... baru belajar masakk di kost hha, haduhh pusing masak aer aja kepanansan :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apaahh masak Aer kalau nyemplung ini jari ya kepanasan cek gu hehe

      Delete
  2. Wah, kacangku di rumah kebetulan belum ku goreng, Mbak. Ini malah rnmu resep ini. Tapi di rumah cuma setengah kilo, jadi tinggal dikurangi aja ya bumbunya. Makasih, Mbak.

    ReplyDelete
  3. Ini yg paling aku favoritin kalo udh ttg kue lebaran :p. Yg biasanya cepet abis juga dibanding kue2 lain hahahah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget ta0i siap siap jerawatan ya

      Delete
    2. Bener banget ta0i siap siap jerawatan ya

      Delete
  4. hemmm... fovorit nih, pokokknya yang kacang-kacangan saya suka mbak. yang kacang bawang ini juga pernah cicipin, rasanya enak dan bikin nagih

    ReplyDelete

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.