Jamur dan Berbagai Olahannya - Yurmawita's Blog Jamur dan Berbagai Olahannya | Yurmawita's Blog
Tuesday, April 11, 2017

Jamur dan Berbagai Olahannya

Kulinary

Jamur

Sudah lama ya, tidak berjumpa dengan postingan kuliner
Nah, kali ini aku akan share tentang Jamur

Wah, jamur... ya

Yoii, bukannnya jamur menyebabkan gatal-gatal? Ohh kalau itu mah, jamur yang ada di kulit mu tho alias panu haha...bukan bukan itu kok jamur yang aku maksud adalah jamur yang uenak tenann kalau dimasak dan dijadikan panganan, sayur temannya nasi maupun diolah menjadi masakan.


Ayoo sebutkan jenis-jenis jamur yang Anda ketahui?

Jamur memang berbagai macam. Namun secara garis besar jamur yang ada di bumi ini ada dua yaitu jamur beracun dan jamur yang tidak beracun. Yah, jadi mesti hati-hati ya.. meskipun jamur adalah makanan uenak jika dimakan, namun tidak semua jenis jamur bisa dikonsumsi alias beracun. 

Jamur-jamur yang tidak bisa dikonsumsi ini berbagai macam efeknya jika terlanjur dimakan ada yang menyebabkan keracunan, gatel-gatel hingga muntah-muntah alias mabok. 

Naah, jenis jamur yang bisa dimakan antara lain:

Jamur kancing (Agaricus bisporus)

Jenis jamur ini biasa tumbuh di bongkol sawit, bentuknya kecil-kecil ada juga yang besar, teksturnya kalau sudah dimasak kenyal, namun apabila sudah mengembang kuncupnya rasanya tidak seenak ketika belum mekar. jamu rini dapat dimakan dan dimasak dengan berbagai olahan seperti sayur bening, tumisan, pindang, hingga campuran  sop. 

Jamur kuping (Auricolaria politrica)

Seperti namanya bentuk jamur ini menyerupai kuping, bentuknya kecil-kecil, melebar. biasanya jamur kuping hidup di batang pohon yang telah lapuk. Jamur jenis ini dapat dimakan dan rasanya enak, Bisa dicampurkan dengan masakan bersantan, di sambal maupun dibuat pergendel

Jamur Dadih atau jamur cincin 

Jamur dadih bentuknya lebar, meyerupai tudung, ada cincin di bagian ujung batang yang merupakan pertanda jamur ini adalah jamur dadih. Biasanya jamur ini hidup di daerah yang biasa dilalui oleh hewan ternak sapi atau kerbau, Jamur ini hidup dari air susu sapi atau kerbau, Olahan jamur dadih biasanya di jadikan sayur bening, sop maupun digoreng. 

Jamur Grigit (Schizophyllum commune)



Jamur  Merang

Jamur merang biasa di budidayakan oleh petani jamur, bentuknya menyerupai jamur kancing namun memiliki payung yang terbuka. Semakin tua umur jamur maka rasa tidak seenak jamur yang masih muda. budidaya jamur bisa menggunakan media tanam jamur yang dapat diolah dari campuran sekam, serbuk kayu sedangkan bibit bisa diperoleh di toko-toko pertanian. Olahan jamur merang sangat enak misalya pindang, dll

Jamur Tiram 

Jamur tiram banyak sekali di budidayakan oleh petani karena jamur ini mudah dipelihara. Jamur tiram berwarna putih seperti tiram. 

Nah, sekarang aku mau berbagi resep olahan jamur ya

Pergedel Jamur

Jamur gerigit satu canting 
Telur 2 butir
daun bawang 2 batang
garam secukupnya
gula 1/2 sdt
merica 1/2 sdt

Cara membuat

Rendam jamur ke dalam air biasa selama 30 menit
tiriskan, lalu giling sebaiknya gunakan gilingan batu agar tekstur masih terasa 
campurkan telur, irisan daun bawang, merica, gula garam ke dalam adonan
bentuk adonan menjadi bulat pipih lalu goreng hingga matang

Pindang Jamur

Jamur Sawit atau jamur merang 1/4 kg

Bumbu iris tipis
Cabe merah besar 2
laos 1 ruas jari
sereh 1 batang
tomat merah 2 bh
kunyit 1/2 ruas jari
jahe 1 ruas jari
bawang merah 5 siung
bawang putih 3 siung
daun salam 2 lembar
kecap 3 sdm
minyak goreng 2 sdm


Cara memasak

Bersihkan jamur dari kotoran yang menempel pada akar, cuci bersih panaskan minya goreng, tumis semua bumbu iris sampai harum, masukkan air tunggu hingga mendidih masukkan jamur lalu biarkan jamur matang angkat dan hidangkan.


32 comments:

  1. Saya penasaran dengan rasa jamur pindang. Gimana sih?

    ReplyDelete
  2. pergedel jamur, boleh juga ni ditiru resepnya

    ReplyDelete
  3. Ternyata bnayak juga jenis jamur ya dan itu semua aman dimakan ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang aman dimakan,kalau yg beracun jangan mba..

      Delete
  4. Jamur termasuk makanan favorit. Nice article :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks jamur mang enak..Asal Diolah dengan baik

      Delete
  5. Jamur dadih itu yg biasa saya konsumsi saat kecil, jadi kangen .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Samaa sekarang sudah jarang ketemu, dipasarkan juga gak ada yang jual

      Delete
  6. pindang jamur...
    wah bisa dicontek nih
    tfs mbak

    ReplyDelete
  7. Ku pikir pakai ikan pindang ternyata gak. Coba ah, jamur termasuk murah di sini

    ReplyDelete
  8. Aku suka banget jamur. Biasanya sih cuma ditumis

    ReplyDelete
  9. Semalam anakku masak fetuccini carbonara pakai jamur kancing. Besok mau masak capcay pakai jamur kuping. Jamur memang substitusi paling pas buat ganti daging bagi yg diet kyk saya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. rasanyanyamin daging hehe..disama samain ajalah

      Delete
  10. Kalo aku biasanya jamur yang warna putih itu diolah jadi sate atau tongseng.

    ReplyDelete
  11. Akuuuh....
    Fansnya si jamur...

    Asli ini nikmat banget yaa, mba?
    Apalagi dimasak sendiri.
    Bisa bikin sebanyak yang aku mau.

    Noom~~

    ReplyDelete
    Replies
    1. hooh..aku mau makan jamur terus tiap hari kalau ada hehe sayangnya agak mahal sih disini.

      Delete
  12. anakku suka banget yang jamur tiram mbak yurma
    biasanya direbus doank ama udang hehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. weh, enak dong sama cumi juga enak banget

      Delete
  13. Saya paling suka sama olahan yang ada jamurnya. Tapi, hati hati mbak, jangan sampai salah membedakan jamur yang bisa dimakan dengan jamur beracun.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget, tapi biasanya kalau sering dijual orang pasti aman deh ya

      Delete
  14. Asik, jadi banyak tahu bermacam-macam jamur :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. asyiikk.. yuk makan jamur asalh jangan jamur di kuping ya

      Delete
  15. Emakku pernah masak jamur grigit, rasanya enaaak bgt. Sayangnya susah dicari itu. Hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. hidupnya di batang pohon yang lapuk enak banget dimasak pakai sambal

      Delete
  16. enak banget nih makan jamur, aku juga suka loh

    ReplyDelete

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.