Bunga-bunga ini yang bisa Mempercantik Halaman Rumah Anda

Warna warni alam yang indah ternyata dapat menambah energi positif ketika dipandang, apalagi bunga bunga yang indah warna warni cerah senada dengan alam sekitar.

Anggrek (Orchidaceae)

Anggrek (Orchidaceae) merupakan tumbuhan berbunga yang memiliki banyak jenis. Anggrek termasuk tumbuhan berbunga yang dapat bertahan lama hingga beberapa hari saat telah dipotong, oleh karena itu Anggrek sering dijadikan bunga potong. Cara budidaya Anggrek bisa dengan cara menyemai biji. Biji yang telah disemai dapat dipindahkan ke media tanam anggrek. Media tanam Anggrek antara lain sabut kelapa, arang kayu, maupun batang tanaman yang telah mati.

anggrek di dalam ruangan


Mawar (Rosa canina)

Mawar (Rosa canina) tergolong tumbuhan perdu, tumbuh subur dengan komposisi tanah yang seimbang antara unsur hara dan air artinya kalau memang bunga mawar mesti dirawat disiram dan dipupuk secara berkala untuk menghasilkan bunga yang indah. Perawatan mawar dapat dilakukan dengan memotong tangkai-tangkai yang telah tua agar bertunas dan menghasilkan bunga-bunga yang indah. Mawar bisa ditanam di pekarangan rumah yang mendapatkan sinar matahari  yang cukup, bisa ditanam juga dalam pot bisa juga langsung di tanah. Mawar liar terdiri lebih dari 100 spesies yang hidup di permukaan bumi. Umumnya mawar menyukai sinar matahari yang cukup untuk dapat  hidup berbunga indah. 


Melati (Jasminum sambac)

Melati (Jasminum sambac) merupakan tanaman jenis perdu, tangkainya bisa menjulur dan menyemak. Untuk mempercantik halaman rumah, tanaman melati dapat dibentuk menyerupai tanaman yang indah. Melati termasuk tanaman merambat dalam spesies zaitun (Oleaceae). Bunga melati yang memiliki wangi yang khas dan lembut ini, sering digunakan sebagai perlengkapan dalam prosesi adat pernikahan. 

Kemboja (Plumeria sp)


Kemboja (Plumeria sp) termasuk tanaman bunga yang digemari banyak orang, bentuknya yang cantik, bisa ditanam di pot sehingga dapat menjadi penghias di rumah Anda. Kamboja juga bisa dijadikan bonsai. Tanaman Kemboja termasuk tanaman yang rajin berbunga. Oleh karena itu tepat sekali kalau tanaman ini dijadikan. Tanaman hias di halaman rumah.



Bunga Rintik Hujan

Bunga ini dikenal dengan bunga Rintik Hujan, sesuai dengan namanya bunga ini selalu mekar apabila hujan turun. Bentuknya yang mungil namun cantik menjadikan bunga ini sangat cocok ditanam di iklim tropis, 

Bunga Rintik Hujan





Bougenville


Bougenville atau dikenal dengan bunga kertas adalah salah satu tanaman yang bisa diperanakkan. Perbanyakan tanaman bisa dilakukan dengan stek Batang. Karakter tanaman yang mudah tumbuh sangat bagus sekali untuk tanaman rumahan.

Kembang Rosela (Hibiscus sabdariffa)

Rosela yang biasa untuk sirop ternyata memiliki bunga yang sangat indah. kelopaknya yang besar dan lebar menjadikan bunga ini sangat cantik, sepintas kembang Rosela menyerupai Kembang Sepatu. Namun warnanya yang pinky kemerahan semakin menambah cantik bunga ini. Perkembangbiakannya cukup dengan menyemai biji rosela yang sudah tua, maka tumbuhan akan hidup dengan mudah. 

Kembang Rosela


Sejenis Anggrek
Seruni atau Crissan (Chrysanthemum sp)

Bunga krissan atau (Chrysanthemum sp) sangat populer dibudidayakan untuk kebutuhan bunga potong. kebutuhan bunga ini sangat tinggi setiap hari terutama hari-hari pernikahan. Bunga crissan memiliki kelopak yang banyak dan kompak. Dit tiap kelopak membentuk lingkaran dan berpusat pada putik. Crissan sering digunakan untuk bunga potong karena memiliki tangaki yang panjang, selain itu bunga Crissan tergolong bunga yang tidak cepat layu sehhingga bisa digunakan untuk mempercantik ruangan selama beberapa hari.


Seruni atau Chrysan

Karamuting

Tumbuhan ini merupakan tumbuhan liar berbentuk perdu, memiliki warna bunga yang menarik, dapat dijadikan tanaman pagar atau tanaman hias. Buah karamuting berbentuk bulat memiliki mahkota di atasnya, batang dan akarnya dapat dijadikan obat sakit ginjal dan tekanan darah tinggi.

Bunga Karamuting

 Selain bunga-bunga yang disebutkan di atas banyak sekali bunga-bunga yang dapat dijadikan tanaman hias

17 comments

  1. Aku malah baru tau bunga rintik hujan mbak. Selain mekar ketika hujan, apakah cocoknya ditanam di tanah yang selalu lembab?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bunga Rintik hujan, cocok untuk tanah lembab dan mendapat sinar matahari yg cukup banyak

      Delete
  2. dulu aku tanam tanaman berbunga di halaman gak ada yang mau tumbuh tapi sekarang tanam taanman yg gak berbunga bsia tumbuh, mungkin karena cirebon panas ya, jadi yang tumbuh tertentu saja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asal rajin disiram mba, seperti mawar, kemboja suka sama panas matahari namun setiap hari harus disiram untuk mawar.

      Delete
  3. Pernah mawar mba, penasaran sama anggrek karena dulu si mamah rawat anggrek rada susah katanya..
    Cantik ya mba klo ada bunga2 drmh, aku suka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anggrek memang agak rewel ya, tapi kalu udah jadi lama hingga bertahun tahun hidupnya

      Delete
  4. Mba, aku baru tau ada bunga rintik hujan. Cantik juga ya..

    ReplyDelete
  5. baru tau deh ada nama bunga rintik hujan, lucu iih..mungkin karena bentuk daunnya ya..
    bisanya kusebut portulaka atau krokot

    ReplyDelete
    Replies
    1. Soalnya kalau ditimpa hujan mekarnya cantik banget

      Delete
  6. Bunga Krisan memang bagus banget.... Tapi susah banget perawatannya, terutama di daerah panas. Saya berulang kali mencoba menanam dan mengembangkan biakkan tapi tidak pernah berhasil. Selalu mati 2 Minggu setelah beli.
    Yang paling mudah hidup itu bunga bugenvil, batangnya ditanam di tanah saja sudah bisa beradaptasi dan tumbuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bunga Krisan butuh media tanam yang bagus, butuh sinar matahari juga

      Delete
  7. kamboja dirumah lagi sakit nih mba, daunnya jadi keriting2 gitu..

    ReplyDelete
  8. Bunga anggrek susah banget ngerawatnya, mba. Aku tuh ga bakat buat nanam bunga mba. Hiihii

    ReplyDelete
  9. Betul nih, emang mempercanti. Ibuku dirumah jg punya salah satunya :)
    Izin follow blog ini mba, ditunggu ya follbacknya :)

    ReplyDelete
  10. Terimakasih atas sharing ilmu dan pengetahuanya.semoga selalu menjadi bagi semuanya. salam sukses selalu.Amin
    htt://karanganbungapapanblog.wordpress.com
    0812.4912.3012

    ReplyDelete
  11. Thanks for your information.. hopefully useful


    http://tokokaranganbungapapanblog.wordpress.com/

    ReplyDelete

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.