June 2016 - Yurmawita's Blog Archive for June 2016
Sunday, June 26, 2016

Lebaran dan Gaya Simple ku

Ini adalah sebuah acara Kompetisi Blogger ShopCoupons & InvolveAsia X HB & BB. Yang diselenggarakan oleh ShopCoupons. voucher berrybenka dan voucher hijabenka disponsori oleh Berrybenka & Hijabenka.

Tradisi menjelang lebaran khususnya buat wanita memang menguras fisik dan psikis. Berbagai bujuk rayu dari promo-promo di berbagai tempat membuat hati mudah kepicut untuk membeli. Alhasil kalau tidak disiasati alamat dompet bakal menipis. Nah sebenarnya hal ini bisa kita siasati dengan bijak dan cermat. Tips dari saya  sebaiknya jangan tertipu dengan diskon yang tinggi karena biasanya harganya tidak akan jauh berbeda dari harga awal karena ada strategi marketing yang tidak kita sadari. Jadi pikir-pikir dahulu sebelum memutuskan untuk membali barang diskon kalau tidak akan kecewa nantinya.

Berbusana bagi wanita cukup ribet juga kalau tidak bisa menyiasatinya. Pengalamanku dan beberapa teman dekat ternyata berbelanja busana saja untuk keperluan lebaran cukup membuat dompet membengkak lho, coba perhatikan ilustrasi berikut:



Wah, cukup spektakuler angkanya. Bagi kalangan menengah keatas mungkin angka segitu biasa saja. Namun bagiku yang hanya karyawan biasa barangkali mikir-mikir untuk mengeluarkan uang sejumlah itu hanya untuk keperluan lebaran. Apalagi sudah berkeluarga tentu pikir panjang deh, angka itu adalah jatah untuk serumah yang ada anak dan suami juga kaan. Lalu bagaimana cara menyiasatinya? Tenaang lebaran kali ini kita akan kulik gaya berbusananya yang pas dengan kantong kita.

Nah, daripada berdesak-desakan memburu  diskon namun akhirnya kamu bakalan kecewa mending kita berburu barang yang sudah jelas kualitas dan harganya. Dimana lagi kalau bukan di Hijabenka.com dan Berrybenka.com disini banyak sekali pilihan busana untuk keperluan lebaranmu. Detail produk nya jelas, harganya juga tidak akan membuat kita tertipu.

Simak Yuk  Gaya Lebaran impianku kali ini:

Naima Instan Khimar
Naima Instan Khimar 
Thursday, June 23, 2016

Tentang AliviaAwin Blogger dari Ranah Minang

Bertamu ke blognya Aliviaawin yaitu di www.alivia-awin.blogspost.com, sejenak aku mengernyitkan dahi di Headernya ada tulisan begini :

'La Belle et son Hijab' 

Kalimat itu agak asing di telinga. kalau English kok ga pernah kedengaran sebelumnya. Usut punya usus ternyata si pemilik Blog menjelaskan perihal itu di postingan 'About me' nah, kira-kira begini penjelasannya: La Belle et son Hijab dapat diterjemahkan secara bebas artinya 'Si Gadis Berhijab' ealaah, pantesan aja asing dikupingku ternyata itu kalimat bahasa Perancis.

Monday, June 20, 2016

Belajar Menulis dan Berpetualang bersama Botchi

Botchi dan Kato

Hari ini ceritanya si Adek senang sekali karena bisa belajar menulis. Nah, ceritanya ada aplikasi menulis di smartphone yang asik banget. Adek sampai ketagihan mau belajar menulis terus..Nah, aplikasi ini namanya seri menulis bersama petualangan Botchi. Caranya mudah kok, Bunda cukup memasang aplikasi Petualangan Botchi di smartphone dengan mengunduh di Playstore. Setelah aplikasinya terpasang ya tinggal dimainkan deh..gampang sekali kok caranya, anak-anak pasti suka.
Petualangan Botchi adalah sebuah serial petualangan  Botchi si Bunglon bersama sahabatnya yaitu Kato si Kakak Tua. Botchi menawarkan berbagai storybook dan minigames untuk dinikmati anak-anak. Nah, untuk dapat menikmati petualangan Botchi ini kamu bisa langsung akses ke www.petualanganboci.com. 
Wednesday, June 8, 2016

Persiapan menyambut Ramadan

Tradisi menjelang Ramadan di kampung adalah 'ziarah' atau istilah dalam masyarakat Jawa nyekar. Kami beramai-ramai, tua-muda, laki perempuan, berduyun-duyun membawa air Cendana untuk disiramkan ke makam keluarga. Air Cendana sendiri berasal dari potongan Batang Cendana yang digerus. Lalu serpihan atau lebih tepatnya serbuk dari potongan Batang Cendana itu dimasukkan ke dalam botol yang telah berisi air terlebih dahulu.  Cendana sendiri dipilih sebagai wewangian yang dianjurkan dalam berbagai aktivitas ibadah, mengurus jenazah,dll.

Nah, tradisi lainnya sebelum datangnya bulan Ramadhan adalah bersih-bersih. Yah, bebersih merupakan aktivitas yang wajib dilakukan bagi setiap muslim, biasanya para ibu-ibu akan melakukan kegiatan cuci-mencuci barang atau benda yang jarang dicuci misalnya mencuci gorden, mencuci sajadah, mukena, hingga karpet. Bersih-bersih ruangan yang jarang dibersihkan misalnya, gudang, ngerapihin perabot, membersihkan langit-langit rumah hingga merenovasi rumahnya agar terlihat berbeda dari biasanya.

Kebiasaan ini ada baiknya mengingat hadirnya bukan Ramadan adalah momentum yang paling ditunggu tunggu. Banyak sekali cerita tentang apa apa saja yang dilakukan. Di bulan Ramadan sehingga harus disambut sedemikian rupa. Bagi ku menyambut Ramadan adalah kegiatan yang melelahkan sekaligus mengasikkan. 

Banyak makna yang bisa kita ambil dari kegiatan ini. Diantaranya  mempersiapkan peralatan ibadah yang nyaman dipakai. Peralatan ibadah yang paling penting  bagi wanita adalah mukena. Mukena saat ini banyak sekali pilihannya. Mulai dari yang polos hingga motif, mulai dari yang sederhana hingga berbagai pernik yang menyertainya, mulai dari minimalis motif hingga yang kaya akan motif, dari mukena berbahan dingin, hingga yang hangat.

Pilihan mukena tergantung selera masing masing lho, ada yang menyukai mukena dengan corak dan motif bordir, ada yang menyukai mukenah polos, ada yang memilih mukena karena pertimbangan praktis bisa dibawa kemana-mana, tidak merepotkan tentu pilihannya adalah mukena yang berbahan ringan, kemasannya kecil sehingga bisa ditaruh di dalam tas atau bisa juga mukena dengan motif yang lagi nge-trend saat ini istilahnya mukena kekinian. Semua tergantung selera masing-masing.

Tapi, berbagai alasan itu semua yang paling tidak mengenakkan bagiku apabila ada yang memandang pilihan mukena itu adalah dari segi harga. Nah, ini biasanya sedikit membuat hati kita miris, niat untuk beribadah justru sedikit terkelabuhi dengan pilihan mukena 'mahal'. Apalagi jika membawa-bawa status sosial sih, tentu dipertanyakan niat awal memakai mukena itu. Nah, buat kita yang udah berniat ibadah namun kantong pas-pasan buat beli mukena, tenaang kok sekarang ada Toko Mukena Murah yang bisa memenuhi kebutuhan ibadah tanpa harus membuat kantong bolong tentunya. Dan kalau pertimbangannya adalah menutup aurat rasanya lebih abdol lho kalau kita memilih mukena yang terjangkau sehingga menghindari diri dari hal yang mubazir dan berlebih-lebihan ya kaan.. 

Nah, kembali ke masalah niat tadi aku akan membagi trik untuk memilih mukena nih,


Pilih mukena dengan bahan lembut

Mukena yang berbahan lembut akan nyaman dipakai di segala macam waktu, saat dingin ketika solat malam kita akan merasa nyaman memakainya, ketika terik seperti solat Dzuhur atau Ashar tetap nyaman digunakan. Mukena yang berbahan lembut akan nyaman menyentuh kulit, serta rapih jika disimpan.

Pilih mukena yang berwarna putih

Mukena yang berbahan dasar putih, akan terlihat bersih. Jika ada kotoran yang menempel cepat terlihat dan segera kita akan berusaha membersihkannya. Mukena yang berwarna putih disunahkan serta kita akan lebih khusuk menggunakannya.

Pilih Mukenah yang tidak terlalu banyak motif

Apabila menginginkan mukena yang bermotif, pilihlah motif-motif yang tidak terlalu ramai. Motif mukena biasanya ada di beberapa bagian saja seperti bagian bawah mukena, serta kepala. Pilihlah yang tidak terlalu ramai karena akan mengganggu kekhusukan ibadah kita sendiri maupun jamaah lain yang berada di dekat kita.

Pilih mukena yang ada karetnya

Mukena dengan karet sebagai penahan bentuk muka kita akan membantu ketika melakukan gerakan sujud dan rukuk. Beda hal nya jika menggunakan mukena yang tidak menggunakan karet, ketika memakainya kita akan sering menariknya ke belakang sehingga mengganggu gerakan ibadah kita.

Nah, apabila menginginkan pilihan mukena yang nyaman kita bisa memilihnya di Toko Mukenah Mura yang ada di MatahariMall.com. Ada banyak pilihan mukena yang tentunya nyaman buat kita. Nah, mari kita sambut bulan Ramadhan dengan hati yang bersih serta perlengkapan ibadah yang nyaman. 

Selamat berpuasa dan beribadah!!

Tuesday, June 7, 2016

Cara mengedit tulisan di Word hasil dari terjemahan

Ceritanya lagi ada tugas kuliah menerjemahkan 1 buku berbahasa asing nih. Jadi kita diberi file satu buku untuk diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia dalam bentuk file PDF lalu diminta menerjemahkan satu buku itu ke dalam Bahasa Indonesia.

kalau merubah file dari PDF ke Word aku udah pernah cerita di sini ya..