March 2016 - Yurmawita's Blog Archive for March 2016
Thursday, March 31, 2016

Simpanlah Air untuk Anak Cucu Kita


Ketika bangun tidur apa yang pertama kita lakukan? Cuci muka, gosok gigi? Wudlu, mandi, mencuci. Semua kegiatan yang kita lakukan tidak pernah lepas dari yang namanya air. Air untuk kehidupan. Tak ada air tak ada kehidupan. 

Air Awal Mula Kehidupan

Di dalam Al-Quran Surat Al-Anbiya: 30. Allah berfirman bahwa:

"Dan apakah orang-orang kafir tidak mengetahui bahwa langit dan bumi keduanya dahulu menyatu kemudian Kami pisahkan antara keduanya; dan Kami jadikan segala sesuatu yang hidup berasal dari air; maka mengapa mereka tidak beriman?"

Cara Mengubah File format PDF ke Format Word

[Blogger] Seringkali kita menemukan suatu file yang disimpan dalam bentuk PDF. Maksud hati mau mengubah atau mengedit isi dari tulisan dalam bentuk PDF tersebut namun apalah daya ternyata file dalam bentuk PDF tidak bisa diedit dan diubah bentuknya. Kejadian begini biasanya jika ada tugas kuliah, tugas mata pelajaran atau membuat bahan mengajar maupun bahan untuk presentasi. 

Sebenarnya cara yang paling mudah untuk mengedit file yang berbentuk format PDF adalah dengan mengubahnya ke dalam bentuk word. Nah cara untuk mengubah PDF ke format Word sebenarnya banyak caranya, namun saya akan share cara yang paling mudah yaitu dengan menggunakan cara online atau convert PDF secara Online. Cara mengkonversi atau mengubah file yang berformat PDF ke format MS Word dengan memanfaatkan situs-situs web yang menyajikan secara gratis convert file dari PDF ke Word. Berikut caranya:

Monday, March 28, 2016

10 Blog Favorit (Part 2)

Nah, kali ini kita akan bertamu kembali ke blog-blog keren yang menjadi insfirasi ku atau kamu-kamu juga. Setelah di postingan sebelumnya aku udah cerita tentang 10 blog favorit kita akan review lagi sambungannya. wokeh..Berikut 10 blog favorit (Part 2)

Baca sebelumnya 10 Blog Favorit (Part 1)


Saturday, March 26, 2016

Resep singkong Agar si Hitam Manis

Liburan hari pertama yuk, kita happy cooking...

Ceritanya,  si  nenek baru saja jogging sore alias walking walking ke kebun tetangga nah pas pulang bawa singkong.  Tadinya sih direbus aja untuk kudapan. Namun mungkin karena merebusnya sebentar pas diangkat kok si singkong gak mau empuk alias legit ga mantap deh.
Esoknya cari resep baru di Google. Nemu yang resep nya pake bahan yang ribet, nah kan ceritanya aku lagi males banget keluar rumah sekedar untuk beli  bahan bahan untuk Teman si singkong.  So, Cobain resep sendiri aja dengan bahan seadanya. 



Wisata Keren ke Batusangkar

Setelah  menikmati wisata di Painan, Kota Padang, dan Bukittinggi, perjalanan selanjutnya kita menuju Batusangkar. Batusangkar merupakan kabupaten yang terletak di sebelah utara Kota Padang atau di sebelah timur Kota Bukittinggi. Memiliki keistimewaan yaitu wisata Budayanya.


Istana Basa Pagaruyung

Tips Traveling bersama Anak

(Traveling) Traveling memang mengasikkan selain memberikan ruang bagi otak untuk relax juga memberikan kesempatan bagi tubuh untuk beristirahat dari rutinitas harian. Namun jika Anda sudah berkeluarga tentu urusan traveling menjadi gampang-gampang susah. Apalagi jika traveling bersama putra-putri tercinta tidak semudah jika kita ingin traveling sendirian tentunya kan.



What happend??

Wednesday, March 23, 2016

Kelebihan si Ghost Writer

Ghost Writer 'penulis hantu' hiiyy.. Istilahnya menyeramkan ya. Namun tidak bagi Muthia, wanita yang disapa Mba Muth ini menjadi Ghost Writer adalah sebuah pencapaian yang baik bagi seorang penulis.

Ghost writer dalam istilahnya Penulis Bayangan merupakan penulis yang namanya tidak dicantumkan sebagai penulis namun ia sangat berjasa menuliskan suatu buku dan menyerahkan sepenuhnya hasil tulisannya diambil alih oleh pihak klien yang menggunakan jasanya.

Beberapa keuntungan menjadi ghost writer antara lain:

Tuesday, March 22, 2016

Untung Rugi Sistem Transparansi

Cerita ini sebenarnya saya tangkap ketika perbincangan ringan bersama sopir travel bandara yang membawa saya menuju ke sebuah acara pertemuan blogger pertengahan Maret ini.
Si bapak sopir mengeluhkan sepinya pendapatan harian yang ia terima dari jasa travel bandara yang menjadi pekerjaannya.

"Inilah lemahnya sistem transparansi sekarang, Mba.." kata si bapak sopir mengawali perbincangan

"Maksudnya gimana, Pak?" saya balik bertanya.

"Saya bandingkan dengan dahulu ya , mba. Ketika banyak sekali pejabat maupun pegawai yang melakukan perjalanan dinas, maka kami masyarakat kecil ini kecipratan, mba."

"Wah, Kecipratan apa maksudnya ya, kok saya gak ngerti."

Saturday, March 19, 2016

Mengenal Lebih Dekat PT.Semen Padang bersama komunitas WEGI V (Part 2)

Kegiatan di Hari ke 2 

Kegiatan Wisata Heritage bersama PT.Semen Padang dan Komunitas Wegi di hari kedua dimulai pukul 6.30 WIB dengan aktivitas sarapan bersama. Peserta yang berasal dari Sumbar serta tim Tonasa dan GHAS juga ikut meramaikan puncak acara ulang tahun PT. Semen Padang.

Dalam kesempatan tersebut Pak Arif yang merupakan Oficial dari PT. Semen Indonesia menyarankan untuk terus mengikuti  akun @komunitaswegi dan melakukan  retweet. Komunitas Wegi dalam waktu dekat akan mengadakan Basecamp Blogger di Tonasa. Sehingga beliau mengharapkan para blogger untuk selalu memantau kegiatan Wegi dan memperebutkan tiket ke Tonasa. 

Truk untuk mengangkut batu kapur hasil pemblastingan. 

Friday, March 18, 2016

Wisata Industri bersama PT.Semen Padang

Jumat 18-19 Maret 2016 pertama kalinya aku ikut serta dalam kegiatan pertemuan Blogger. Momen yang difasilitasi oleh PT.Semen Padang ini merupakan hasil dari kerjasama PT.Semen Indonesia dengan Wegi yang mempunyai konsep Wisata Edukasi dan Industri. Cukup padat kegiatan yang direncanakan selama 2 hari tersebut. Setidaknya hal itu yang tertulis di dalam jadwal acara yang telah dirilis oleh panitia. 

Thursday, March 17, 2016

Tips Bepergian Ala Jomblo


(Tips) Bepergian ala jomblo alias alone atau sendirian memang rada-rada menyeramkan, apalagi tempat yang dituju jauh dan membutuhkan waktu yang tidak pendek. Beberapa hal yang harus dipersiapkan jika kamu pergi seorang diri antara lain:


Friday, March 11, 2016

Me Time with You

Surprise bagi seorang wanita sederhana. Tidak perlu mengeluarkan biaya besar, tidak juga dengan surprise party dengan mengundang banyak orang di tempat dan waktu yang tak diperkirakan sebelumnya. Surprise bagi wanita cukup dengan pesan sederhana namun berarti.

"Assalamualaikum, sayang.. Lagi ngapain? "

" waalaikumsalam, ada apa kok, pagi pagi udah telepon aja?"

"kangen.. "

Tuesday, March 8, 2016

Puding Pepaya Cantik




Minggu kemarin Ceritanya lagi arisan RT nih, Bingung mau buat apa ya...Pesan kue ternyata tempat mesannya cukup jauh dari rumahku. Mau beli di pasar males. Nah, untung saja aku baru ingat dulu pernah dikirimi oleh Mama angkat suamiku yaitu buah pepaya. Tadinya pepaya itu tidak terlalu menarik perhatianku karena sudah sering kaan buah pepaya menjadi menu kami sehari-hari di rumah. 
Tapi...

"Mi, Kok Puding dari Mama gak di makan?"

"Pudingg...? Gak ada kok puding dari Mama tadi malam, yang ada sate, kue, sama kerupuk, eh satu lagi Pepaya." Kataku

Lalu si Hubby mengeluarkan potongan pepaya aneh dari dalam kulkas. Gimana gak aneh, lah kulitnya pepaya tapi isinya putih. Ternyata, pepaya yang kukira seperti biasanya adalah puding.

Aku segera memotong puding pepaya pemberian Mama tersebut. Dan ternyata rasanya Enyaaakk..Anak-anakku suka. Rasa manis dari puding dipadu dengan rasa manis dari pepaya nyatu banget.. Lumerrr di mulut. 

Nah, langsung deh eksekusi ketika arisan RT dirumahku.

Baca Juga : Nugget Ayam Bayam

Bahan-bahannya:

Agar putih 2 bks
Pepaya ukuran besar dengan matang sedang (kemarin aku pakai 2 pepaya)
Gula segelas (bisa lebih bisa kurang tergantung selera yaa..
tepung maizena 1 sdm
santan kelapa sedang (tidak terlalu encer tidak terlalu kental) 5 gelas (sebenarnya bisa sampe 6-7 gelas sih...karena aturan pakai 1 bks agar kan bisa menggunakan 4 gelas air).
vanile, daun pandan.





Bersihkan pepaya dari bijinya, lalu cuci bersih. Bisa juga dicuci dahulu baru dipotong. Ingat memotong pepaya dengan cara dibelah ya, bukan dipotong. Hal tersebut berguna agar puding cair menempati ruang kosong pepaya dan tidak tumpah. 



Kerok daging pepaya menggunakan pisau kerokan buah. Bentuk nya bulat di kedua ujungnya. Pisahkan daging pepaya yang sudah dikerok pada wadah lain. Jangan mengerok terlalu dalam hingga ke kulit pepaya dikhawatirkan bolong dan bocor deh. Jadi hati hati ya ketika mengeroknya. Pake perasaan eeaa...


Masak Santan, Gula pasir, bubuk agar, vanilla, daun pandan hingga mendidih. Setelah mendidih tambahkan maizena yang telah dicairkan dengan air ke dalam adonan puding. 

Setelah mendidih tunggu sekitar 1 menit sambil tetap di aduk aduk. Lalu masukkan ke dalam cetakan pepaya tadi hingga penuh. 

Masukkan kerokan pepaya tadi ke dalam puding. Tidak usah semuanya, cukup untuk mempercantik saja. 



Masukkan ke dalam lemari pendingin. Setelah beku siap untuk dipotong potong sesuai selera. 




Cara memotong puding pepaya bisa dilakukan dengan mengupas kulit buah terlebih dahulu
Puding pepaya siap disantap. Hmmm yummy.. 



Nah, ini penampakan hasilnya. Cantik ya...


Selamat mencoba ya.. 

Tips
Untuk mendapat hasil puding pepaya yang cantik pilih pepaya yang tidak terlalu keras atau terlalu matang. Jika terlalu matang dikhawatirkan ketika memotong daging pepaya akan lembek dan berburu. 
Namun jika terlalu keras akan sulit di kunyah terutama yang ga punya gigi hahaha.. 

Yang kedua tips nya, setelah dikerok daging Pepaya nya masukkan ke dalam lemari es supaya pada saat disiram puding cepat dinginnya. 






Sunday, March 6, 2016

Blog Professional Impianku

Memiliki blog dan menulis di blog adalah mimpiku yang telah lama. Konten blog yang dapat menjadi rujukan oleh banyak orang serta menjadi referensi bagi peminatnya merupakan keinginan ku.

Tampilan Blog yang Baik

Blog yang baik tentu memiliki tampilan yang baik pula. Mobile friends istilahnya mudah diakses melalui PC maupun melalui android. Tampilan yang baik juga proporsional enak di lihat dan akses yang cepat. Blog dengan domain pribadi biasanya sudah memiliki template yang proforsional tinggal kreativitas si Pemilik blog yang dapat memoles sehingga menjadi lebih eye catching.

Friday, March 4, 2016

10 blog favorite (Part 1)

Suka betah kalau nemu blog kece deh, apalagi isinya komunikatif dan informatif.  Kalau tulisannya lucu suka ngakak sendiri sambil guling-guling *beneran kok* jika tulisannya berisi tentang curhat dan pas banget dengan suasana hati saat itu yakin deh, bisa membuat aku mewek sendiri *ampe sedu sedan* atau nemu blog yang mengungkapkan sebuah kebahagiaan jadi baper bahagia juga. Blog-blog itu akan kureview dan kutulis disini sebagai arsip bagiku supaya tidak lagi ngubek-ngubek tuh google plus. Eh, iya aku kalau baca artikel sering nyari lewat google plus deh.. Ayuh sini tambahin ke lingkaranku ntar pasti ku baca deh tulisan apiknya.



Berikut Blog yang merupakan favorite ku

1. Blognya Mba Rahmah Chemist


Blognya Mba Rahmah Chemist

Aku mengenal mba Rahma sebetulnya sudah lama sekitar tahun 2013 waktu itu kami bergabung di salah satu grup kepenulisan, sama sama menjadi kontributor, menulis dan berkarya di salah satu agency. Hingga teman-teman sesama penulis lain nya nge-blog aku juga mengikuti jejak nya menulis di blog.

Sebetulnya saya adalah orang yang seharusnya berterima kasih sama beliau. Dari tangan dinginnya lahir blog ini. Ya, Blog ini dibidani oleh Rahmah Chemist jadi beliau lah yang membuat dan mendesain blogku sehingga dapat hadir ditengah-tengah khalayak perbloggeran hingga saat ini. 

Saat kebersamaan di salah satu grup berangsung redup dan beberapa teman teman memilih jalurnya masing-masing aku kehilangan beliau. Seiring dengan kesibukan kami masing masing. Hingga di akhir 2015 ketika bergabung di salah satu grup blogger ternyata kami dipertemukan kembali. 

Aku dan mba Rahmah tidak pernah bertemu, namun hatiku merasa dekat saja dengan beliau. Dari obrolan ringan di email ternyata dia punya beberapa blog. Salut buat mba Rahmah atas pencapaiannya. Sosoknya masih seperti yang dulu. Cool tidak banyak komentar namun selalu siap membantu tanpa pamrih. 

www.istanacinta.com adalah blog beliau yang lainnya. Blog ini juga tak kalah menarik berisi tentang parenting, tumbuh kembang putri beliau yaitu Safa. Di sini beliau dikenal dengan Bunda Safa.

Meskipun kami belum pernah bertemu di dunia nyata, namun kebaikan hati mba Rahma Chemist sudah sering aku rasakan. Ia selalu merespon pertanyaaanku yang benar benar gaptek soal dunia blogging tanpa pernah merasa terganggu. Haha..maafkeun daku ngerepotin terus ya, Mba Rahmah..

Blog ini adalah kepunyaan mba Annisa. Aku mengenalnya sebagai blogger yang tangguh, mau belajar dan berbagi ilmu. Setiap hari selalu ada tulisan baru yang sarat dengan ilmu. Ilmu tentang SEO, tentang menulis blog dengan hati hingga ilmu tentang bagaimana menghasilkan uang dari blog. Menurutku tipe mba Annisa AE adalah seorang pekerja keras yang tak malu berguru dengan siapapun. Sikap Ramah nya terlihat dari sering nya ia meninggalkan jejak di postingan blogku meskipun tanpa harus berkunjung balik.

Yang membuat ku angkat topi adalah angka-angka prestasi blog nya itu. Alexa Rank yang ramping banget, lalu statistik blog yang selalu terjaga baik hingga konsistensinya menulis dan membagi tips-tips baru di blognya. Blog Annisa Ae banyak sekali iklannya namun tidak mengurangi isi dari setiap tulisan yang ia publikasikan. Tampilan blog yang dinamis, selalu ada yang baru dari Annisa Ae dapat kusimpulkan kalau ia selalu belajar untuk menjadi yang terbaik. Sukses ya Mba Annisa Ae..

3. Blog Cumilebay 


Tampilan beranda Blog Cumilebay


Sebenarnya aku mikir mikir sih berkunjung ke blog yang satu ini khawatir harus memblurkan pandangan haha.. Lantaran foto fotonya menurutku agak agak gimana gitu.. Secara emak emak yang memiliki anak perempuan jadi agak parno sama mas yang satu ini. Namun sikap rendah hati dari orang setenar dia mau berkunjung ke blog ku membuat ku angkat topi dengan nya. 

Ya, blog yang memiliki pengikut ratusan ribu (lihat pengunjungnya mencapai angka jutaan) serta Alexa rampiing banget di angka 200-an ribu. Si Pak ee Cumilebay ini masih sempat berkunjung balik ke blog-blog yang berkomentar di setiap postingannya. Terus mengomentari satu persatu setiap komentar yang masuk padahal jumlah komentar di setiap postingannya mencapai angka ratusan, Boo... Apa gak pegel tuh jarimu Pak Ee.. Tapi itulah caranya dia menjaga setiap pengunjung nya. Salut..

Blog ini berisi tentang keindahan tempat-tempat wisata yang dikunjunginya. Dapat menjadi referensi bagi siapa saja yang akan berlibur atau berwisata. Beberapa postingan di blognya membuatku merinding misalnya ketika beliau menceritakan tentang Pasar Tumohon. Ampun Pak ee...Anda sukses membuatku owek-owek melihat gambarnya. Ulasannya sangat lengkap dan akurat, tulisannya juga runtut dan informatif diselingi selera humor kelas 18+ (baca dewasa). Aku sering berdoa semoga anak-anak gak ada yang nyasar ke blognya mas Cumi. Habis si empunya rada-rada sih (Menanti Pak ee tobat..Piss).


4. Blog Si Gembulnita


Blog si Gembul yang ngangeniin

Nah, kalau blog ini selalu kurindukan setiap postingannya. Ia selalu berhasil mengalihkan duniaku eeaa. Setiap postingannya selalu membuatku hanyut dalam setiap ceritanya. Ketika ia bercerita tentang kunjungannya ke sebuah hotel seakan-akan pembaca ikut menginap disana, ketika ia curhat kita pembaca menjadi ikut-ikutan merasakan apa yang menjadi kegalauannya. Atau ketika ia mereview sebuah masakan terbaru ala Si Gembul yakinkan Anda tidak ngenchess aja yaa..

Itu Si Gembulnita sukses membuat membuatku terpingkal-pingkal, ngakak guling-guling atau apalah namanya. Gaya tulisannya yang santai tanpa aturan yang njelimet pokoknya si pembaca mengerti aja apa maksud hatinya berhasil menjadi tulisan deskripsi ala si Gembul. Dan aku sangat menikmati setiap kalimatnya. Suatu waktu sekian lama ia tidak memposting tulisan terbarunya kok jadi kangen ya. Ah, si Dedek gembul, dirimu pandai sekali  mengalihkan duniaku Piss.

5. Blog Shintaries


Tampilan Blog Shintaries

Wah, kalau berkunjung ke sini mah, mata langsung berdecak kagum terhadap kecerdasan dari si empunya blog. Shintaries, seorang eingenering yang ahli di bidang IT, pakar Web Design Enthusiast, Trainer di dunia blogging, Founder Blogger Perempuan, Internet Geek dan seabrek job yang tidak jauh-jauh dari dunia IT. Wanita yang smart, sekaligus ramah dan rendah hati. Yah, diborong semua sama mba yang sering traveling gratis ke luar negeri dari hasil blog.

Tulisannya? Beuh..jangan ditanya deh, Sekali membaca tulisan mba Shintaries mata tidak akan berhenti hingga akhir tulisan. Bahasanya rapi, tidak menggurui, serta mengena ke tujuan. Ulasannya lengkap, runtut, sarat dengan informasi dan analisis yang baik.


(Berlanjut part 2, Blog siapa lagi ya...?)