Raja Ampat, Paradise in Indonesia

[Sponsored Post]

Halo..Traveling lagi yuk! Traveling kita kali ini akan melihat sisi lain di bagian timur Indonesia, tepatnya di Pulau Papua. Salah satu destinasi terbaik di Indonesia yang telah digadang-gadang menjadi salah satu tujuan wisata berikutnya setelah Bali. Pasti sudah tidak asing lagi kaan dengan nama tempat wisata yang satu ini, Raja Ampat. 

sumber gambar : www.indonesia.travel

Raja Ampat merupakan gugusan pulau-pulau menawan yang menjadi syurga bagi berbagai flora dan fauna. Keberadaan destinasi wisata Raja Ampat menambah lengkap julukan Paradise in Indonesia. Apalagi beberapa tahun terakhir Raja Ampat dinobatkan sebagai salah satu daerah Snorkeling dan Diving terbaik di dunia. Woow keren kaan! Destinasi ini di Indonesia mendapatkan tempat yang cukup baik di mata wisatawan mancanegara karena keelokan dan budaya masyarakatnya.

Berada di kawasan teritorial Papua Barat, Raja Ampat memiliki gugusan pulau-pulau kecil  elok nan menawan. Gugusan pulau-pulau tersebut menjadi daya tarik tersendiri karena keunikannya. Pulau-pulau kecil yang tidak berpenghuni merupakan batuan yang menyembul di tengah lautan lepas. Ketenangan ombak di sekitar gugusan pulau-pulau tersebut menambah daya tarik yang tidak dimiliki daerah lainnya di belahan bumi manapun. Pulau-pulau cantik ini menyerupai pion-pion berwarna hijau. Batuan kokoh berwarna hijau tersebut berbaris teratur di tengah-tengah laut tenang. Kejernihan air di sekitar gugusan pulau menjadi syurga bagi jutaan ikan-ikan cantik di sekitarnya. Suasana tenang dan alami kian menarik hati untuk menetap dan mengeksplor gugusan pulau. 


Wisatawan dapat mengeksplor pulau-pulau cantik ini dengan menaiki speedboat yang disediakan oleh pihak pengelola yang terdapat di sekitar gugusan pulau. Selain Kabupaten Raja Ampat, Anda akan dimanjakan dengan keindahan pulau lainnya yakni Pulau Salawati. Pulau Salawati memiliki luas 1.623 km persegi. 

Ada empat pulau utama di daerah ini yaitu  Pulau Batanta, Misool, Salawati dan Weigeo. Menurut legenda Pulau-pulau ini berasal dari nama raja-raja yang menghuni pulau-pulau tersebut. Kabupaten Raja ampat sendiri merupakan salah satu dari 610 pulau yang terletak di gugusan pulau-pulau indah lainnya yang terletak di sini. Ada 35 pulau yang berpenghuni sedangkan sisanya adalah pulau-pulau cantik yang tidak berpenghuni. 

Nah, tunggu apa lagi, yuk ah kita agendakan kunjungan wisata ke Raja Ampat melalui Wisata Indonesia (Germany) yang dapat Anda nikmati di Raja Ampat

Snorkeling

Wisata andalan kepulauan Raja Ampat adalah Snorkeling. Anda dapat menikmati keindahan alam di bawah permukaan laut dengan snorkeling. Air yang jernih dan tenang menjadi keistimewaan para penyuka snorkeling. 

Keindahan alam bawah laut di Raja Ampat tidak bisa tertandingi karena keunikan biota laut yang masih alami dan beragam. Kepulauan Raja Ampat memiliki 75% dari seluruh spesies karang laut yang ada di dunia. 

Keberadaan karang laut yang demikian beragam merupakan syurga bagi ribuan spesies ikan karang. Semua itu hanya bisa dinikmati dengan snorkeling. 

Resort Raja Ampat

Jika Anda berasal dari luar daerah tak perlu khawatir jika berkunjung ke Raja Ampat, ada berbagai resort yang menjadi pilihan pengunjung. Resort-resort yang ditawarkan terletak di berbagai lokasi yang cukup strategis. Anda dapat menikmati secara langsung keindahan alam dari resort tempat Anda menginap. 

Wisata alam dari Kapal Pinisi 

Menikmati ribuan gugusan pulau yang membentang di sepanjang pulau kepala burung ini lebih seru jika Anda mencoba menjelajahi alamnya menggunakan kapal Penisi. Kapal ini menjadi daya tarik tersendiri karena telah di desain untuk menyedikan segala kebutuhan para pelancong. Anda dapat menyewa kapal dengan biaya yang cukup banyak. Namun Anda tidak perlu khawatir karena kapal ini memilkik daya tampung setidaknya 14 orang.Jadi apabila patungan kan tidak akan terasa berat, apalagi kepuasan yang Anda dapatkan di sini akan terbayar lunas. Jadi Anda  bisa mengajak serta keluarga maupun rekan-rekan terdekat Anda secara privasi. 

Diving

Jika Anda memiliki nyali lebih, diving merupakan pilihan berwisata menikmati keindahan bawah laut Raja Ampat. Berbagai spesies ikan, penyu, dan biota laut menjadi daya tarik tersendiri para hobies diving. Spesies karang dan biota laut  terbaik di dunia dapat Anda saksikan secara langsung di daerah ini. 


Festival Budaya Raja Ampat

Selain menikmati alam yang indah, Anda bisa juga menikmati budaya Raja Ampat apabila kedatangan Anda tepat pada waktunya. Pemerintah RAja Ampat sendiri memilki agenda tahuan yang dapat menjadi waktu yang tepat bagi  wisatawan melancong ke Raja Ampat. Berbagai jenis aksi budaya serta kesenian daerah setempat di suguhkan di sini. berbagai festival adat, tari-tarian, pameran seni kerajinan, pameran masakan hinga panggung hiburan turut memeriahkan festival budaya tahunan ini. Biasanya agenda tahunan ini dilaksanakan antar bulan September- Oktober setiap tahunnya. 

Festival Maritim Raja Ampat 

Festival maritim merupakan ajang promosi wisata bahari Raja Ampat. Di acara ini Anda dapat menyaksikan berbagai penyelam dunia, Lomba Perahu Dayung, Lomba Foto keindahan bawah laut, olahraga air maupun atraksi budaya lokal yang sayang jika Anda lewatkan. Pemerintahan Raja Ampat sendiri telah mengagendakan Festival Maritim ini sebagai agenda tahunan untuk mempromosikan wisata daerah ke mata dunia. 

Menuju lokasi

untuk menjangkau lokasi Raja Ampat Anda dapat menempuh transportasi udara maupun transportasi laut. Jalur udara dapat ditempuh 6 jam dari Jakarta menuju Sorong. setelah itu Anda dapat menjangkau lokasi dengan kapal ferry selama 3 jam menuju Kabupaten RAja Ampat. Sedangkan melalui transportasi laut Anda dapat menempuh perjalanan selama satu minggu dari Jakarta menuju Sorong. Rute lainnya dapat melalui bandara internasional lain seperti Denpasar, Surabaya dan Makasar selanjutnya menuju bandar Udara Domine Eduard Osok, Sorong Papua Barat. 

Selamat melancong! Welcome to Paradise in Indonesia

39 comments

  1. Langsung mupeng... butuh berapa duit ini yaaa?

    ReplyDelete
  2. Masya Allah...indonesia memang indah dan kaya..seharusnya kita selalu bersyukur dengan Sumber daya Alam d Indonesia ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Indah ya mbaa..Indonesia memang luar biasa

      Delete
  3. Wishlist banget ini tapi tiket pesawatnya itu lho *ya nabung, len

    ReplyDelete
  4. Nabung...nabung...pengen banget bisa liburan ke Raja Ampat :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sinihh aku ada recehann, siapa yang mau diisiin celengannya..

      Delete
  5. Raja ampat pesona surganya Indonesia, cantik sekali ya

    ReplyDelete
  6. Ya, Ampuun. Pengen banget suatu hari nanti ke sini :*

    ReplyDelete
  7. Moga2 suatu hari nanti bisa ke sana aamiin :D

    ReplyDelete
  8. Mupeeeng... Beruntung bgt mba bs melihat keindahan raja ampat langsung. Semoga suatu saat saya pun bisa. Aamiin

    ReplyDelete
  9. Cantik banget mba pantainya, memang raja ampat tuh hidden gems sekali ya. semoga kalo ada kesempatan (dan duit) bisa liburan kesana haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin..semoga mba Andi bisa membawa keluarga ke Raja Ampat. Aminn

      Delete
  10. Banyak postingan tentang Raja Ampat nih. Eh, barusan ngajar tadi tema reading juga tentang Raja Ampat.
    Insya Allah bisa ke Raja Ampat nih aku dan keluarga. Aamiin.

    TFS mbak Yurma.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayuhh...mulai menabung buat ke Raja Ampat

      Delete
  11. Replies
    1. Genggam tanganku mare kita meluncur bersama haha..gaya #aslinya cuma bisa gaya batu haha..

      Delete
  12. Raja Ampat emang yahud, seng ada lawan.
    Ini harusnya jadi sumber duit yang banyak bagi pemdanya. Jadikan wisata ini menyenangkan sehingga turis datang lagi, datang lagi. Kalo pelayanan dan fasilitas oke, pasti rame.

    salam,
    http://alrisblog.wordpress.com

    ReplyDelete
  13. Waaa... semoga kapan-kapan bisa ke Raja Ampat amin

    ReplyDelete
  14. Bang, bing, bung, yuk kita nabung.
    Tang, ting, tung, yuk, jangan dihitung.
    Tahu-tahu sudah sampai di Raja Ampat.
    Stamina kudu kuat, biar sanggup sampai di puncak Wayaq.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha. Kudu kuat kalo lihat yang seger seger

      Delete
  15. 2 bulan lalu ngatur tim utk mission ke raja ampat, tapi sialnya aku ngga ikut hihihihi.. ini salah satu wishlist tempat jalan2 yg udah ditandain lama, kesini ntar kalau Raya gedean aja biar ngga cape gendong hihihiXD

    ReplyDelete
  16. wahhhh ... benar2 pemandangan yg luar biasa .....

    ReplyDelete

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.