Blogging Sebagai Gaya Hidup, Dotcom For Me Pilihannya

Blogging Sebagai Gaya Hidup, Dotcom For Me Pilihannya

Bener ga sih curhat terus dapat duit? 
bener ga sih curhatan kita dibayar? 

Tadinya aku juga mikir, apa iya curhat bisa dapat duit. Ternyata memang iya, dan aku sudah membuktikannya. Curhatan kita bisa dibayar, ternyata. Mau tauuuu? Baiklah sebelum aku cerita tentang curhatan dapat duit aku memperkenalkan dulu apa itu Dotcom  beserta keunggulan menggunakan Top Level  Domain .net/.com. Dotcom merupakan frasa dari ".com" simbol  ini merupakan kode atau identitas sebuah alamat website atau blog yang merupakan milik perseorangan maupun perusahaan. Letaknya di ujung sebuah alamat suatu website/blog. Misalnya kalau www.yurmawita.blogspot.com ini alamat website belum menjadi dotcom masih gratisan karena masih numpang di blogspot. Kalau www.yurmawita.com ini blog yang sudah dotcom karena sudah milik pribadi. 

Jadi kalau kita memiliki alamat blog pribadi tentu kita juga bisa bebas mau isi apa saja. Mau tempat curhat, menulis artikel, tempat jualan dan lain sebagainya, karena blog itu sudah menjadi milik pribadi kita. Contohnya blog ini banyak sekali curhat-curhat tentang keseharian saya, anak saya maupun keluarga. Suka-suka gitu deh.

Nah, kok ya bisa dibayar?



Jadi begini ceritanya. Diantara curhat-curhatan itu ada memang dipesan oleh suatu perusahaan atau orang lain untuk mempromosikan perusahaan, produk dan barang tertentu bahkan website tertentu dan itu dibayar. sekali lagi DIBAYAR. Wah, enak doong. lha iya, kan dari tadi aku udah cerita kalau mau curhatan di bayar ya jadikan curhatanmu Dotcom!

Blogging sebagai Gaya Hidup 

Saat ini tidak bisa dipungkiri bahwa blogging sebagai Gaya hidup dan salah satu channel dalam berbagai aspek. Hal ini dapat kita lihat bahwa banyak orang yang sangat tergantung dengan internet. Apa-apa tanya internet, anak sekolahan mau ngerjakan tugas dari guru perlu internet, mahasiswa menyelesaikan tugas kuliah butuh internet ketika jalan-jalan ke tempat baru mesti merujuk ke internet bahkan ibu-ibu mau memasak saja membutuhkan internet untuk mencari resep. Kalau semua aspek kehidupan sudah di serbu oleh konsumsi internet lalu siapa yang punya peranan penting memberikan informasi yang benar di internet?


Blogging sebagai Pusat Informasi 

Di sinilah peran kita sebagai blogger. Blogger yang punya tugas memberikan informasi yang benar ke masyarakat. Blogger yang memberikan petunjuk dan jalan yang benar kepada masyarakat yang membutuhkan. Blogger yang memiliki niat yang tulus untuk mengedukasi masyarakat dengan artikel-artikel benar dan tidak menyesatkan. Betapa mulia peran blogger kalau begitu. Benar sekali. Ketika seseorang guru mencari bahan pelajaran dan dia merujuk informasi ke suatu blog, bayangkan apabila informasi yang ada di blog tersebut adalah informasi yang tidak benar, maka bukan hanya satu orang tersebut yang telah diajarkan salah, siswa-siswi dan orang yang ia  beri pelajaran juga mendapatkan informasi yang salah. Inilah tugas berat para blogger. Mampu menyajikan konten yang bermanfaat dan benar. 

Blogging sebagai salah satu Chanel dalam berbagai aspek

Semua aspek kehidupan kita sudah tergantung dengan yang namanya informasi dari internet. Kesehatan, Pendidikan, Hukum, Perdagangan bahkan politik tidak bisa lepas dari peranan informasi yang ada di internet.  Berjuta informasi di dalamnya tanggung jawab siapa? Siapa lagi kalau bukan blogger. Oleh karena itu aktivitas blogging tidakbisa dipandang sebelah mata karena kebutuhan informasi saat ini sudah sedemikian tinggi tingkat tergantungnya dengan dunia internet. 

Siapa saja yang bisa mengambil peran sebagai blogger. Semua orang! ya semua orang yang memiliki niat yang baik memberikan informasi dengan benar dan tidak menyesatkan. Artinya setiap masyarakat bisa turut andil menjadi blogger, tidak terbatas profesi, umur dan jabatan. Ketika informasi tersebut disajikan secara benar maka semua pihak adalah blogger. 

Baiklah, aku pun ingin menceritakan tentang apa saja yang telah aku dapatkan setelah nge-blog selama setahun ini. Awal April adalah momen keseriusan ng-blog dan membaur bersama blogger lainnya. Sepanjang itu banyak hal yang bisa aku pelajari, termasuk ikut-ikutan mendapatkan cipratan dari nge-blog. Tadinya saat masih gratisan tulisan-tulisan tersebut murni curhat dan catatan perjalanan saja. Namun setelah membeli domain di Dotcom ternyata aku juga merasakan yang namanya tulisan dibayar. 

Diantara kelebihan-kelebihan tersebut ada beberapa kelebihan lainnya yang saya rasakan ketika menggunakan Dotcom  antara lain:

Job Review

Pertama kalinya aku diberikan job review yakni sekitar dua bulan setelah mutasi dari blog gratisan ke Dotcom atau dikenal dengan Top Level Domain (TLD). Ternyata pekerjaan menjadi blogger sangat menyenangkan, karena tiba-tiba ada yang menawarkan untuk mereview sebuah produk. Hasil tulisan review tersebut diberikan imbalan berupa uang maupun barang. Nah, produk pertama  yang aku review adalah produk kosmetika  yang imbalannya berupa produk. Sebenarnya dalam mereview produk kita boleh memasukkan penilaian kita se-objektif mungkin terhadap produk yang kita review kecuali memang perjanjian di awalnya meminta kita menulis review positif saja tentang produk tersebut. Pengalamanku dalam mereview produk sih suka-suka aja. Kalau produk tersebut emang bagus akan kita ungkapkan sisi baiknya kalau tidak bagus maka kita bisa menggunakan bahasa-bahasa yang tentu tidak menjatuhkan produk yang kita review tersebut. 

Sponsored Post

Belum setahun mutasi ke Dotcom sudah ada beberapa sponsored post yang aku tulis. Aku bersyukur rezeki mengalir kalau berawal dari niat yang baik. Perpindahan ke Dotcom setidaknya membuka peluang rezeki lainnya diantaranya dari sponsored post. Apa sih beda antara job review dan sponsored post? Nah, kalau sponsored post ini biasanya kita diminta menuliskan tentang suatu tema yang mengarahkan ke suatu produk/laman suatu website tertentu. Memang kita tidak secara langsung menceritakan kelebihan dari produk tersebut tapi pembaca diarahkan untuk mengunjungi laman yang kita arahkan. Kalau sponsored post juga bisa curhat lho, misalnya apabila kita menulis tentang traveling terus disuatu kata ada link hidup yang mengarahkan di suatu alamat website tertentu. Itu link yang kita arahakan biasanya yang membayar si pemilik blog. 

Memiliki DA/PA untuk eksistensi sebuah website/blog

Aku bisikin ya, ternyata untuk menjadikan curhat yang berbayar tadi blog kita harus memiliki DA/PA yang baik. Tidak jarang banyak job yang syaratnya minimal memiliki DA tertentu atau harga sebuah tulisan dibayar berdasarkan angka DA/PA sebuah blog. Tadinya blog yang masih menggunakan domain di blogspot alias gratisan jika di cek DA/PA menunjukkkan angka 100, woow! angka segitu sudah merupakan angka tertinggi dari kepopuleran sebuah alamat website atau blog karena range nya antara nilai 1-100. Jadi kalau blog kita masih gratisan DA-nya tinggi karena blog kita masih menginduk dengan blogger jadi wajar DA-nya tinggi. Namun ketika sudah berdomain pribadi www.yurmawita.com ternyata DA-nya berada di angka 1, skor terendah dari sebuah alamat blog. Ya, tentunya kita harus berjuang bagaimana caranya agar DA blog meningkat. Selama 7 bulanan ini saya juga berjuang menaikkan DA/PA agar bisa seperti teman-teman blogger lainnya. So semangat yaa..

Lebih Profesional

Dalam beberapa hal, blog yang memiliki domain pribadi tetap dianggap sebagai blog yang profesional. Blog profesional yang dibangun dengan penuh kepercayaan diri dan keseriusan pemiliknya tentu akan mendapatkan kepercayaan berlebih oleh pengunjung dibanding blog yang masih gratisan. Misalnya dalam lomba blog, job review, atau job sponsored kepercayaan kepada blog yang telah memiliki domain pribadi lebih diutamakan. Tentu untuk menjamin bahwa pemilik blog menulis dengan sungguh-sungguh serta dapat bertanggung jawab dengan apa yang ditulis. 

So, Kalau mau curhatnya dibayar, ayo kita ke Dotcom For me. Caranya bagaimana?

Yuk ikutin caranya berikut ini!

1. Buat blog. 

Kalau belum ada blog lho ya, Nah kamu harus membuat blog dulu. Boleh di Blogger atau di Wordpress. Kalau belum tau juga boleh deh buka Google lalu ikuti petunjuk untuk membuat blog di sana. Sebenarnya membuat blog sama kok dengan membuat email, facebook atau akun media sosial. Kamu mesti menyiapkan email terlebih dahulu. 

2. Daftar ke Dotcom for me

Kalau mau langsung menjadikan blog tersebut milik pribadi atau TLD boleh langsung mendaftar blognya ke Dotcom For Me. Caranya dengan mengklik alamat berikut lalu ikuti perintah selanjutnya di laman tersebut. 

Dotcomforme


3. Menulis. 

Kalau sudah  punya blog, selanjutnya ya tinggal mengisi blog tersebut deh. Isinya terserah kamu deh, mau diisi dengan curhatan seperti aku atau mau isinya agak berat, atau mau julan terserah. Tidak ada batasan harus menulis apa sepanjang tulisan diri sendiri. Yang tidak dibenarkan itu kalau menulis hasil copy paste dari blog lain. Jangan yaa.. karena nanti blog mu akan dideteksi oleh google dan menyalahi aturan. Bisa-bisa blognya di banned deh. 

4. Rajin-rajin berkumpul sesama blogger atau perkumpulan blogger agar tau informasi apa saja yang terbaru.

Mengikuti grup-grup blogger yang disana bisa mendapatkan info tentang berbagai  job yang sedang di kampanyekan adalah pilihan yang tepat. Untuk itu jalinlah pertemanan dengan teman-teman blogger dengan baik. 

5. Selalu belajar dan tidak menyerah. 

Yang terakhir tidak pernah berhenti belajar dan tidak menyerah jika belum mendapatkan apa yang diinginkan. ingatlah tidak ada kebaikan yang sia-sia. Kalau kita memiliki niat untuk berbagi kebaikan tidak dibayar dalam wujud materipun kita bisa mendapatkan pahala dari yang Maha Kuasa karena kebaikan yang kita sebarkan. 

Yuk, segera miliki domain  Dotcom atau Dotnet  di #Dotcom For Me agar banyak kebaikan yang bisa kita berikan. Tunggu apa lagi yuk kita ngeblog! Jadikan blogging sebagai gaya hidup mu.

17 comments

  1. tapi gak curhat asal curhat ya mba hehe... lebih asyik aja ya, kalo udah dotcom :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Curhat yang dipesen kayaknya hehe..yang jelas kalau udah Dotcom terlihat lebih serius ya

      Delete
  2. Kalau udah dotcom menuntut kita untuk profesional, menurut saya Wit

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, soalnya sayang dianggurin blog nya kan

      Delete
  3. Curhat asyik di blog, ternyata bisa juga menghasilkan ya... Blogging memang udah jadi gaya hidup. I love blogging, pokoknyah.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tetap semangat menulis dan berbagi kebaikan

      Delete
  4. yup sepakat mba.. jadi blogger dengan domain dotcom jadi lebih memotivasi diri untuk terus upgrade ya. Apalagi sekarang blogging memang sudah jadi gaya hidup.. suka deh dengan semangat para blogger termasuk Mba Yurma untuk terus berbagi informasi dan inspirasi... :-)

    ReplyDelete
  5. Asyiknya jadi blogger itu curhat bisa dapat duit, heheh

    ReplyDelete
  6. Saya juga baru saja bermigrasi ke dot com, walau DA cuma nangkring di posisi 12 tapi Alhamdulillah bisa menghasilkan juga.
    Salam kenal dari LAMONGAN

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangat, aku juga masih baru mba, masih banyak yang perlu dipelajari ..

      Delete
  7. wah .. setelah aku baca-baca jadi pingin ganti domain aku ke dot.com ni, ......

    ReplyDelete
  8. Semoga setelah berubah jadi dot com makin banyak rejeki menggalir amien

    ReplyDelete

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.