Selain Mangga, Budaya Indramayu semakin Mempesona

Indramayu Semakin Di hati

Mengenal nama Indramayu langsung terbayang di benak kita buah-buahan yang kian mendapat tempat di hati. Buah Mangga Indramayu. Benar sekali, Indramayu mampu menarik minat wisatawan dengan pesona buah mangga Indramayu yang kian tersohor se-antero negeri ini. Buah mangga Indramayu telah berhasil menjadi primadona diantara berbagai varietas mangga di negeri ini. Rasa manis, tanpa serat, berbiji kecil hingga wangi yang kian menggoyang lidah adalah salah satu kelebihan mangga Indramayu yang disukai oleh semua orang. 

Namun siapa sangka selain menyimpan potensi hasil bumi ternyata Indramayu menyimpan banyak pesona keindahan alam dan budaya yang dapat membayar rasa penasaran Anda terhadap kota kecil nan eksotik ini. 

Beberapa keindahan alam yang mampu membuat mata berdecak kagum antara lain : 

Pantai Tirtamaya


Pantai ini merupakan objek wisata andalan di Indramayu. Pantai Tirtamaya menawarkan pesona panai dengan keindahan alam pantai. Anda bisa mengajak orang-orang yang Anda cintai ke sini untuk menikmati keindahan alamnya. Pemkab Indrmayu telah menjadikan Pantai Tirtamaya sebagai salah satu tujuan wisata yang menarik. 

Pantai Balongan Indah

sumber gambar

Pantai ini berlokasi di Kecamatan Balongan Kabupaten Indramayu. Pantai yang menawarkan keindahan di sepanjang bibir pantai yang cukup luas ini menjadi spot sunset yang menarik bagi wisatawan. Disini Anda juga dapat menikmati pemandangan indah perahu nelayan yang menghiasi bibir pantai beristirahat sembari menunggu senja tiba untuk kembali ke tengah lautan. 

Pulau Biawak
citra satelit pulau Biawak

Pulau Biawak menawarkan keindahan pantai dengan keberadaan menara kuno yang dibangun sekitar tahun 1872. Pulau ini menawarkan keindahan pesona laut dengan berbagai potensi laut seperti terumbu karang dan hasil laut yang melimpah. Pasir putih serta pesona tanaman bakau yang indah menambah daya tarik pengunjung untuk betah berada di pulau Biawak. Lokasi Pulau Biawak terletak di Kecamatan Indramayu, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat.

Pantai Lemah Abang Eretan

Terletak di jalur Pantai Utara Pantai ini merupakan calon destinasi penting di Indramayu karena letaknya yang strategis, berada di jalur perlintasan, mudah dijangkau oleh pengunjung. Pantai ini memiliki sejarah yaitu sebagai tempat mendaratnya tentara Jepang ke Indonesia pada tahun 1942.

Hutan Mangrove

Hutan Mangrove ini terletak di Pantai Karangsong, kecamatan Indramayu. Di sini Anda dapat menikmati biota laut hutan mangrove yang membentang di lahan seluas 25 ha. Keberadaan hutan mangrove sangat penting bagi kelangsungan hidup seluruh makhluk hidup di sekitarnya. Mangrove selain berfungsi sebagai rumah bagi ribuan burung dan unggas dapat juga berfungsi sebagai penahan laju abrasi pantai yang bisa mengancam kelangsungan perkampungan di sekitar pantai. Untuk itu diperlukan kerjasama dan perhatian semua pihak dalam melestarikan hutan mangrove.  

Pantai Glayem

Berlokasi di Juntinyuat, Indramayu pantai Glayem menawarkan berbagai keindahan alam pantai. Anda bisa menikmati keindahan pantai dari atas bebatuan penahan ombak. Beberapa fasilitas pariwisata pantai telah disediakan di sini seperti keret wisata, perahu motor. Anda bisa berkeliling menikmati keindahan pantai bersama keluarga tercinta. 

Koloni Kera Banjar

Lokasi objek wisata ini terletak di desa Bulak Kecamatan Jatibarang sekitar 17 km dari Kota Indramayu. Terdapat banyak sekali kera yang dapat menjadi spot photo terbaik Anda. 

Selain menyimpan kekayaan alam Indramayu juga memiliki keindahan budaya yang memukau. Bahkan Indramayu Kota Budaya adalah jargon yang sedang dipersiakan oleh pemerintah daerah Indramayu untuk dijadikan Ikon yang dapat mengundang wisatawan untuk melancong ke Indramayu. kekayaan budaya di Indramayu terlihat dalam banyaknya kesenian rakyat yang menjadi kebanggaan masyarakat Indramayu. 

Beberapa perayaan Budaya yang dapat Anda jumpai di Indramayu antara lain:

Festival Tjimanoek

Banner Festifal Tjimanoek

Festival Tjimanoek merupakan rangkaian kegiatan untuk menyambut hari jadi Indramayu. Perayaan ini merupakan serangkaian kegiatan pesta rakyat dalam upaya pelestarian budaya, seni dan tradisi Indramayu. Selain itu sebagai ajang promosi daerah kepada wisatawan luar baik regional, nasional maupu internasional. 

Budaya di sebuah daerah mampu mengangkat potensi daerah ke mata nasional dan internasional. Melalui berbagai even budaya diharapkan dapat memberikan informasi tentang adat dan istiadat maupun kearifan lokal yang terdapat di daerah tersebut. Oleh karena itu peran pemerintah besar sekali dalam mengangkat budaya daerah menjadi salah satu ikon negeri. 

4 comments

  1. Semoga ada nasib buat main ke sana, jadi bukan Bali aja ya yang banyak pantainya hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk ah nabung dulu ya mba..sekalian kita borong mangga gedong gincu Indramayu..

      Delete
  2. Aku baru tahu ada pulau Biawak... ya gini deh kl kurang piknik yah *tersipu* , ada banyak tempat2 keren di Indonesia yg terlewatkan

    ReplyDelete

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.