5 Hal yang harus Dihindari dalam Berbusana

 

Maraknya model pakaian yang lagi tren saat ini robek dimana-mana mana mestilah menjadi perhatian kita terutama kita yang berbudaya dan berkarakter pribumi. Dalam budaya kita namanya berpakaian harus menyelaraskan tempat dan kegiatan yang akan dilakukan.

Misalnya pergi ke pasar tidak etis jika berpakaian ala kadarnya seperti dirumah saja atau ketika menghadiri acara resmi tidak pantas apabila kita berpakaian ala pesta malam.
Budaya ketimuran yang senantiasa mendarah daging hendaknya selalu kita kedepankan meskipun zaman sekarang sudah bergelimang dengan kemewahan dalam berbusana.

Kenapa dikatakan bergelimang dalam berbusana, saat ini sudah sedemikian tak terhingga hasil rancangan dari berbagai desainer yang membooming di pasaran serta diminati oleh berbagai kalangan sebut saja busana Muslim.

Ada banyak perancang ternama yang berhasil mendapatkan kepercayaan masyarakat. Artinya rancangan dan karyanya bisa diterima oleh berbagai kalangan.

Misalnya gaya kaftan, gamis Lira Virna gaya casualnya Laudia Cyntia Bella. Model-model berbusana mereka banyak yang diterima oleh masyarakat karena sesuai dengan budaya ketimuran.
Sebagai orang Indonesia yang menjunjung tinggi adat ketimuran baiknya kita mengetahui 5 hal yang harus dihindari dalam berpakaian :

Robek

Pakaian robek sungguh tidak pantas dikenakan karena jelas memperlihatkan aurat yang sejatinya ditutup. Jika dahulu pakaian robek merupakan pertanda seseorang tidak mampu membeli pakaian baru janganlah disalahgunakan kegunaan pakaian dengan menggunakan pakaian robek sebagai bentuk dukungan terhadap gaya masa kini. Berpakaian robek juga bukan pertanda Anda adalah seorang yang peduli terhadap wong cilik kaan?

Transparan

Berpakaian tetapi transparan seperti magnet yang bisa menarik perhatian siapa saja. Apabila Anda wanita memiliki anak laki-laki yang baru beranjak dewasa terus berhadapan dengan Anda dengan pakaian yang transparan dimana letak rasa hormatnya terhadap Anda. Nah, hindarilah memancing penyimpangan moral akibat perbuatan yang kita lakukan

Ketat

Pakaian ketat terutama bagi wanita sangaterugikan diri sendiri terutama bawahan seperti celana panjang. Celana panjang yang ketat akan menyebabkan iritasi kulit terutama di area sensitif. Untuk itu sebaiknya hindari pakaian ketat demi kesehatan Anda sendiri. Selain itu berpakaian ketat dapat memancing perhatian yang berlebihan bagi laki-laki. Sangat umum terjadi jika para lelaki umumnya tidak bisa menahan diri melihat wanita yang mengenakan pakaian ketat. Dampaknya bisa jadi Anda adalah satu penyumbang terbesar tindak pelecehan terhadap perempuan.

Nyentrik

Nyentrik atau bahasa lainnya berlebih lebihan adalah gaya berpakaian orang orang jahiliyah yang memang bertujuan untuk menarik perhatian lawan jenis. Hindari berpakaian nyentrik yang menyebabkan Anda dipandang sebelah mata oleh orang lain. Ukuran nyentrik sendiri biasanya apabila apa yang ada pada diri seseorang tidak lazim atau jauh dari biasanya. Bisa saja dengan warna yang tidak serasi, cara berpakaian yang aneh maupun cara berjalan. Gaya nyentrik biasanya akan terus diingat oleh orang lain sehingga bisa bisa menurunkan tingkat kepercayaan dan simpatik orang terhadap apa yang kita lakukan dampaknya kita akan dikucilkan oleh orang lain.

Itulah gaya berpakaian yang sebaiknya dihindari bagi orang Indonesia yang menjunjung tinggi budaya ketimuran.

Berbusana yang pantas tidak harus mahal, Anda bisa mendapatkan dengan cara yang mudah tidak perlu mengeluarkan uang yang banyak untuk tampil keren dan sesuai dengan budaya ketimuran. Salah satunya kita bisa mendapatkan pilihan busana di jual baju online murah tangan pertama yang menyajikan berbagai model pakaian yang pas untuk gaya berbusana orang Indonesia. Selain murah, mudah didapat tentunya pas dikantong.

Pilihan berbusana memang hak asasi semua orang bahkan tercantum dalam undang-undang, namun apabila apa yang kita lakukan ternyata berdampak bagi keselamatan dan kehormatan orang lain tentu kitalah orang pertama yang melanggar hak asasi orang lain.

Selamat berbelanja dan berbusana yang pantas.

24 comments

  1. Saya suka pakaian yang simpel tapi elegan Mbak. Tinggal jauh dari kota emang ngandelin onlenan banget saya. Inshaallah ntr coba deh ku buka-buka itu link jual baju onlinenya. Hihi.:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Praktis bisa langsung nyampe rumah ya mba, tinggal recehannya lagi mesti ada haha

      Delete
    2. Praktis bisa langsung nyampe rumah ya mba, tinggal recehannya lagi mesti ada haha

      Delete
  2. Asyik ya sekarang kalo beli baju bisa via online, praktis banget, menghemat waktu dan tenaga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mba namun mesti hati hati juga ya harus tau betul situsnya bisa dipercaya atau gak?

      Delete
    2. Betul mba namun mesti hati hati juga ya harus tau betul situsnya bisa dipercaya atau gak?

      Delete
  3. Kalau menurut saya yang paling paling harus di hindari adalah robek yang di sengaja dan ketat yang di buat-buat mba.. Robek di belahan tertentu misalnya paha atau ketat di bagian pinggul gtu gak enak banget di lihatnya apalagi orangnya pakai hijab. percuma kan kalau gitu mah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget kita liatnya juga ga nyaman ya

      Delete
    2. Betul banget kita liatnya juga ga nyaman ya

      Delete
    3. Bener mba gak nyaman lihat nya juga, gak tau tuh yang make nya nyaman apa enggak ya ?

      Delete
  4. ALhamdulillah, aku selalu berusaha untuk gak menggunakan pakaian yang transparan, ketat dan nyentrik. APalagi yang robek-robek. Malu kan kelihatan. Hihihi....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga etis yo mba, semahal apapun yang robek ya kok ga enak dipandang ya

      Delete
  5. Sebelum berhijab pun saya udah hindari pakaian ketat. Gerahhh... :D

    ReplyDelete
  6. Wah kalo utk muslimah 5 aturan itu utama bgt ya.. salah satunya aja di langgar itu uda jd dosa..hehehe makasih di ingatkan ya mba

    ReplyDelete
  7. Cuma mau tanya kenapa bls komentar nya 2x dan di ulang mba ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak tau ya.. Sering banget gitu apa ada yg salah ya sama kode kodenya?

      Delete
  8. Sebagai lelaki yang normal wajar dong ya mbak kalau saya juga kada bisa terpengaruh juga dengan wanita yang memakai baju yang ketat, transparan, dll. Tapi alhamdulillahnya kalau saya mah masih bisa nahan dan biasanya saya cepat cepat pergi untuk wudhu agar terhindar dari perbuatan yang tidak diinginkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jiaaahh..jujur.. Ya godaan bisa datang dari siapa saja yang penting kita kuat iman dan bisa menahan godaan,

      Delete
  9. SEjak menikah saya mulai perhatian dengan pakaian yang saya kenakan mbak. Apalagi suami suka protes kalau pakaian yang saya gunakan menerawang dan terlalu ketat. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Risih ya kalau diperhatikan orang karena gaya kita uang tidak etis, tapi kalau gayanya bagus dan masih diperhatikan orang itu namanya kereen

      Delete
  10. jgn sampek deh pakek busana yg transparan, apalagi sobek, haduuuhh bisa malu, hehe

    ReplyDelete
  11. Klo pake yg robek atau bolong di rumah jg aku menghindari, masa klo pergi aja bagus, drmh malah bolongan hihiii.. Salam kenal mba ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga mba suci, kalo dirumah pake bolong bolong aku diketawain anak-anak ku hehe, 'umi pake bolong haha'

      Delete

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.