Cara mengisi tinta canon

(IT) Berawal dari kebingungan ku bagaimana caranya mengisi tinta printer yang baru. Ceritanya priter ini tipenya Canon Pixma IP2800. Biasanya aku familiar dengan printer jenis IP 2700 karena printer jenis ini telah terbukti awet dan bandel, jarang bermasalah kalaupun ada paling cuma harus ganti cartridge.

Awalnya aku bingung, soalnya dipanduan kan tidak ada cara isi ulang tintanya, namun berbekal pengalaman maka aku coba untuk mengisi dengan menyuntikkan tinta ke catridgenya.

Simak ya caranya

Buka tutup printer 


Keluarkan catridgenya yang mau diisi jangan sampai keliru ya, catridgenya hitam tulisannya BLACK itu untuk tinta hitam.

Karena masih baru, biasanya stiker putih penutup catridgenya yang ada tulisan tipe catridgenya itu rada susah ngelepasnya. Hati-hati jangan sampai stikernya lepas ya.



Cari tanda bulat kecil di lobang-lobang catridge itu letaknya di pinggir kiri paling tengah.


Buat lubang menggunakan paku penusuk yang telah dipersiapkan ketika kita membeli tinta printer. Ingat melobangkan catridge rada-rada susah ya, soalnya bahan pembuat catridge itu keras sekali. Saranku sabar-sabar aja, pengalamanku melubangnya butuh waktu sekitar sejaman hehe soalnya aku suka ga tegaan deh kalau kencang-kencang.

Nah kalau sudah dilubangi tinggal menyuntikkan tinta sedikit saja, ingat ketika menyuntikan siapkan tisu banyak ya, antisipasi kalau tinta muncrat. jangan menekan pita print bagian bawah karena akan merusak catridge. sebaiknya tempelkan perlahan pada tisu kering jika ada tinta yang masih tersisa akan meresap sendiri di tisu. 


Kalau tinta sudah menetes dari bawah catridge lepaskan suntikan lalu bersihkan dengan tisu kering hingga meresap. Ingat bagian bawah catridge tidak usah dilap kasar, cukup tempelkan saja di tisu kering tinta yang bocor akan meresap ke tisu.

Untuk Mengisi Catridge Tinta Warna langkahnya sama dengan catridge hitam putih hanya saja letak lubangnya ada tiga. Satu diatas, dua di bawah. Yang harus diingat dalam mengisi tinta untuk catridge warna perlu hati-hati jangan sampai salah memasukkan tinta warna. 

Warna Tinta yang disuntikkan disesuaikan dengan aturan yang tertera di sampul luar kemasan tinta. 




pisahkan tinta lalu pasangkan jarum suntik ke masing-masing tinta


aturan penggunaan yang ada di kemasan tinta


Mengisinya sedikit saja ya ga perlu banyak-banyak. Kalau ada tinta yang sudah merembes keluar segera hentikan suntikan lalu bersihkan sisa tinta. 

Catridge siap digunakan

6 comments

  1. kalo urusan tinta, aku gak berani, pernah sekali langsung luber kemana-mana, kalo di rumah aku masih pake cartridge mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya perlu hati-hati sih.. Kalau meluber tinggal ngorbanin lap aja hehe

      Delete
  2. Saya belum pernah mbak ngisi yang kanon tapi waktu dulu waktu saya pergi ke supermarket kebetulan sudah kenal dan dia kayaknya lagi kesusahan dan ternyata lagi masang tinta untuk kasir, dan kalau menurut saya hampir sama namun beda cara mengisinya saja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Canon agak bandel, jadi kalo habis ngisi tintanya mudah namun perlu hatihati

      Delete
  3. mb witaaa...sampe saat ini mbul blum bisa pasang tinta
    ngalamat kalo printer abis suka kelimpungan
    sukanya klo ngisi tau2 tumpah atau tinta ga masuk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa..mba juga tadinya susah mau ngisi tapi terdesak jadi ya harus bisa..hehe

      Delete

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.