Tips Bepergian Ala Jomblo


(Tips) Bepergian ala jomblo alias alone atau sendirian memang rada-rada menyeramkan, apalagi tempat yang dituju jauh dan membutuhkan waktu yang tidak pendek. Beberapa hal yang harus dipersiapkan jika kamu pergi seorang diri antara lain:



Wawasan tentang Tempat Tujuan yang Mumpuni

Berkunjung ke tempat baru memang menegangkan setidaknya memacu adrenalin bagi traveler yang baru pertama kali. Nah, untuk mengantisipasinya ada baik nya kita menggali informasi sebanyak mungkin tentang tempat tujuan. Informasi itu antara lain, alamat bandara, terminal, call center, taxi, travel, kontak person. Apabila yang kita kunjungi adalah suatu acara maka kontak panitia menjadi hal penting yang harus diperhatikan. Simpan nomor panitia beserta teman teman di acara tersebut. Jika bepergian niatnya adalah traveling maka sebelum keberangkatan hendaknya mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya tentang tempat tujuan yang berkaitan dengan jarak, alat transportasi, fasilitas umum hingga penginapan. 

Membawa Alat Komunikasi

Alat komunikasi sangat penting untuk memberi kabar berita kepada teman yang bersama sama di suatu acara atau memberi kabar berita kepada keluarga. Pastikan alat komunikasi yang kita bawa dalam kondisi prima, baterai full, ada cadangan energy jika sewaktu waktu kehabisan baterai. Bila perlu membawa serta powerbank jika sewaktu-waktu hp nge-drop. Segera memberi kabar kepada teman, kerabat atau keluarga sesampainya di tempat tujuan. Hal ini untuk mengantisipasi kekhawatiran keluarga terhadap keberadaan kita.

Komunikasi yang Kontinu

Komunikasi dengan sesama teman atau keluarga yang ditinggal hendaknya selalu dilakukan hal ini untuk menjamin keberadaan, keamanan dan kesehatan kita di tempat tujuan. Ceritakan seperlunya tentang kondisi kita. Jangan terlalu berlebihan yang akan menyebabkan timbulnya kekhawatiran keluarga yang ditinggalkan. Apabila kondisi kita memang sedang butuh suport atau dukungan berbicaralah seperlunya sehingga dapat menenangkan keluarga yang ditinggalkan.

Bertanya Kepada Orang yang Tepat

Pepatah 'Malu bertanya sesat di Jalan' memang benar adanya. Namun jika bertanya kepada orang yang tidak tepat mesti hati-hati jangan sampai gerak gerik kita sebagai orang baru di tempat tersebut dimanfaatkan oleh orang yang mempunyai niat jahat. Bertanya lah kepada petugas jika berada di tempat umum, bertanya kepada penduduk setempat jika berada di suatu pemukiman atau selalu mencari kontak ke petugas keamanan jika berada di jalan.

Tidak Membawa Barang yang Membahayakan

Bepergian sendiri artinya kemanan juga menjadi tanggungan sendiri. Bawalah serta barang-barang yang simple dan tidak memberatkan. Membawa perlengkapan pribadi seperlunya mesti diperhatikan ketika persiapan bepergian agar di perjalanan nyaman dan tidak mengganggu. Usahakan barang dijadikan satu tempat agar mudah dibawa. Sebaiknya tidak memakai perhiasan yang mencolok yang dapat memancing tindak kejahatan di perjalanan. Gunakan juga tas kecil yang dipergunakan sebagai tempat barang - barang pribadi seperti alat komunikasi, dompet, tiket, kartu identitas, maupun obat-obatan seperlunya.

Semoga tips ini dapat membantu Anda di perjalanan..


6 comments

  1. tipsnya juga cocok untuk keluarga travelling

    ReplyDelete
  2. Bener bangt bertanya pd orang yg bener. Kalau travelling dlm negeri paling males tanya sama tkng ojek yg ada malah ditawarin jasa ojek hehehe

    ReplyDelete
  3. Iya nih, malu bertanya sesat di jalan,dan bertanya sama orang yang salah juga sama aja tersesatnya.

    ReplyDelete
  4. Wah tips yang sangat bermanfaat sekali buat bepergian jauh, terima kasih mas ...

    ReplyDelete
  5. Okeh juga mbak tipsnya oe boleh samain gak nih bisa sama gitu, ahi hi hi.

    ReplyDelete
  6. Aku pengen deh travelling sendirian, tapi takut ketiduran di jalan haha
    Tau-tau malah nyasar nanti. Ngerii

    ReplyDelete

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.