Kelebihan si Ghost Writer - Yurmawita's Blog Kelebihan si Ghost Writer | Yurmawita's Blog
Wednesday, March 23, 2016

Kelebihan si Ghost Writer

Ghost Writer 'penulis hantu' hiiyy.. Istilahnya menyeramkan ya. Namun tidak bagi Muthia, wanita yang disapa Mba Muth ini menjadi Ghost Writer adalah sebuah pencapaian yang baik bagi seorang penulis.

Ghost writer dalam istilahnya Penulis Bayangan merupakan penulis yang namanya tidak dicantumkan sebagai penulis namun ia sangat berjasa menuliskan suatu buku dan menyerahkan sepenuhnya hasil tulisannya diambil alih oleh pihak klien yang menggunakan jasanya.

Beberapa keuntungan menjadi ghost writer antara lain:



Mendekatkan diri dengan Tokoh yang Ditulis

Menulis tentang seseorang tentu harus ada interaksi yang mendalam tentang tokoh yang ia tulis. Tidak cukup hanya dengan mengetahui sisi luar dari tokoh kliennya. Bahkan pemikiran si tokoh juga harus diselami oleh seorang Ghost Writer. Hal ini akan menjadikan tulisannya seakan-akan memang hasil karya si tokoh. Nah, Ghost Writer harus punya keahlian ini. Pandai menyelami pemikiran dan tindak tanduk si tokoh yang ia tulis.

Oleh karena itu perlu adanya interaksi yang tidak sebentar dengan si tokoh. Bisa dengan cara mengikuti kegiatannya seharian, melihat aktivutasnya, hobinya hingga melihat langsung pribadi si tokoh atau klien.

Mendapatkan dana lebih

Menyerahkan sepenuhnya hasil karya kepada orang lain bukan perkara mudah. Apalagi jika karya tersebut diapresiasi oleh banyak orang. Nama penulis yang sudah terlajur diserahkan kepada orang lain tentunya harus dibarengi pula dengan imbalan yang seimbang. Oleh karena itu biasanya menjadi Ghost Writer memiliki kelebihan kita bisa menawarkan hasil karya dengan imbalan yang setimpal. So jangan ragu tentang tawar menawar pembayaran jasa dari karya tersebut. Jika kita menulisnya dengan penuh perjuangan baik riset maupun observasi yang mendalam hingga banyak dana dan pemikiran yang terkuras tentu boleh-boleh saja kita menawarkan harga yang lebih tinggi.

Menjadi Penulis Profesional

Tokoh atau Klien yang memakai jasa Ghost Writer biasanya mau memberikan kepercayaan penuh kepada seseorang untuk dipakai jasa tulisannya pasti sudah terlebih dahulu mengenal siapa penulis tersebut, kiprahnya, debut karyanya hingga posisi tawar nama si Ghost Writer di kancah kepenulisan. Nah, tentu sangat menguntungkan bagi si Ghost writer yang terpilih, artinya ia sudah dipercaya layak untuk menulis tentang si tokoh. Dengan kata lain si Ghost writer sendiri sudah diyakini sebagai penulis yang profesional tentunya. 

Personal Branding

Semakin banyak tokoh atau klien yang mempercayakan kepada si Ghost Writer maka akan semakin banyak pula debut karyanya. Hal ini dapat menjadikan portofolio karya bagi si Ghost Writer dan bisa menjadi personal branding dirinya sendiri. 

Profesi inilah yang digeluti ibu 3 anak Mba Meutia Elisa Karamoy. Menjadi Ghost Writer dengan berbagai karya yang melambungkan namanya. Mba Meutia yang bisa disambangi di www.elisakaramoy.com ini telah mengawali dengan menjadi penulis lepas dan menulis blog serta tergabung di berbagai komunitas penulis.

Di sela-sela kesibukan sebagai seorang ibu dari anak-anaknya Mba Meutia masih bisa berkarya dengan berbagai niche. Namun kecenderungannya yaitu topik tentang bisnis online, parenting digital serta tekhnologi yang fokus untuk menunjang kehidupan masyarakat sehari-hari.

Tertarik untuk menjadi Ghost Writer, Yuk intip blog Meutia Elisa Karamoy.


Tampilan blognya Meutia Elisa Karamoy

Menjadi Ghost Writer adakalanya harus berbesar hati misalnya ketika karya kita ternyata laris di pasaran. Penulis tidak bisa seenaknya mengklaim bahwa karya tersebut adalah karya kita karena di awal sudah ada perjanjian bahwa kita telah menyerahkan sepenuhnya karya kita kepada si klien. Oleh karena itu sebaiknya jika kita memang belum siap sebaiknya berfikir kembali sebelum menjadi Ghost Writer. Sebaliknya apabila sebuah karya yang telah diklaim oleh klien tidak meledak di pasaran maka menjadi Ghost writer juga harus menyiapkan mental untuk memperbaiki diri. Bisa saja kualitas tulisan yang standar saja atau penyebab lainnya misalnya si klien yang kurang berpengaruh.

Elisa Karamoy

Ibu yang memiliki 2 orang anak ini telah mengalami suka duka menjadi seorang Ghost Writer. Ditengah padatnya aktivitas sebagai blogger, penulis artikel serta mengurusi dua buah hatinya ia masih bisa memberikan karya untuk dimiliki oleh orang lain. Saluut deh.

Siapa Mutia Elisa Karamoy?

Selain menjadi Gost Writer  Mutia Elisa Karamoy merupakan Blogger yang seringkali terlihat aktif di beberapa acara kumpul blogger hal ini terlihat di beberapa foto-foto yang beliau Upload sedang menghadiri acara kumpul blogger, kesimpulanku adalah bahwa mba Mutia senantiasa update terhadap informasi terkini atau bisa jadi karena beliau tinggal di kota besar jadi memungkinkan untuk menghadiri acara kumpul blogger.

Blognya mba Mutia Elisa Karamoy juga diwarnai dengan aktivitas lomba blog. Kesimpulan ku beliau menyukai blog kontes terlihat dengan beberapa postingan yang mencapai 19 postingan ketika menuju ke laman Blog Kontes di berandanya. Bisa saja jumlah postingannya lebih dari itu. Mengikuti lomba blog memang mendatangkan beberapa keuntungan antara lain bisa mendatangkan viewers yang berlipat-lipat. Selain itu tentu hadiah yang disediakan oleh panitia lomba yang menggiurkan.

Berikutnya postingan tentang tema Parenting di blognya Mutia Elisa Karamoy tak kalah menariknya. Menurutku seorang ibu wajib memiliki postingan tentang parenting, hal ini bisa menjadikan arsip tumbuh kembangnya anak-anak. Sangat dibutuhkan sekali apabila mereka telah beranjak dewasa dan menemukan tulisan tentang dirinya di blog ibunya tentu sebuah kebanggaan dan kebahagiaan tersendiri, bukan? Nah, Blognya Mutia ini menurutku patut dijadikan rujukan bagi ibu-ibu yang ingin mencari referensi tentang tumbuh kembangnya si kecil.

Hal lainnya yang unik dari blognya Mutia elisa Karamoy adalah jumlah pengikutnya yang menurutku cukup banyak di Google + terdapat 192 yang berada dilingkarannya, dengan total tayangan 118.541 (angka per tanggal 26032016 jam 21:06), sedangkan jumlah viewers di akun Google + yang ia miliki mencapai 379.711. Sebuah pencapaian yang luar biasa bagi seorang blogger. Jumlah pengikut yang banyak bisa menjadi sumber kunjungan setiap postingan yang dipublikasikan. Artinya dapat meningkatkan trafik blog tentunya.

Kesimpulan keseluruhan dari Seorang Mutia Elisa Karamoy menurutku adalah seorang blogger yang tak pernah berhenti berbagi dan berkarya. Bravo mba Mutia...








35 comments:

  1. Selalu penasaran dengan kepiawaian seorang Ghost Writer

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, tapi karena karyanya udah diserahkan sepenuhnya ke klien biasanya penulis udah ga boleh kasih tau itu karyanya. Kan udah perjanjian haha..

      Delete
  2. Jadi penasaran nih saya dengan tulisan2 ghost writer'nya mbak Muth :)
    Boleh intip satu nggak yaaaaaa hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dilema bagi si Ghost Writer itu, kalau ngasih tau itu karyanya. Ntar si klien yang nuntut hehe..

      Delete
  3. Aku kok belum berminat ya jadi ghost writer, secara sadar diri tulisannya masih acak adut. Mana ada yg mau make. Hahaha. Mbak Yurma juga tertarik jd ghost writer?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum sih..tapi kalau untuk pembelajaran ga papa. Tapi lihat tokohnya juga sih..kalau pas mungin keambil juga. Haha

      Delete
  4. Saya pengen njajal kemampuan jadi ghost writer, nih, mbak. Tapi kelihatannya saya belum qualified ya. Hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kayaknya mba Susi udah pantes jadi Ghost Writer secara jam terbang udah semakin tinggi..jatuh mba yu..kapan nulis buku lagi?

      Delete
    2. Waduh... saya masih kelas bawah mbak... enakan sibuk nggandeng teman2 di bawah saja agar naik.

      Delete
    3. Mba Susi emang rendah hati..banget..saluut..

      Delete
  5. Kadang jd gosh writer ngak enaknya ngak bisa liat nama sendiri di judul buku. Tapi kyknya penghasilannya lumayan ya mbak hhehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kalau bukunya laris tinggal gigit jari haha..tapi mungkin udah terbayar diawal kali ya? Colek mba Mutia Elisa Karamoy

      Delete
  6. Selalu penasaran dengan ghost writer..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk belajar sama mba Elisa Mutia Karamoy...

      Delete
  7. Harus berbesar hati ya jadi ghost writer....suka ngebayangin betapa baik hatinya para ghostwriter buku ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba ayu..namun kebanggan tersendiri buat si penulis kl karyanya bisa melambung kan nama orang lain.

      Delete
  8. nggak mudah jadi ghost writer, salut untuk mba mutia...thank you sharingnya mak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh ada penulis profesional #jdi malu...# mba Dee lebih tau ya jd Ghost Writer..

      Delete
  9. Seru kayanya ya jadi ghost writer. Tapi ngebayangin effortnya aja udah keder duluan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya..mba Alfa Tertarik jadi Ghost Writer? Kayaknya seru ya..

      Delete
  10. Kalo saya blm cukup hati untuk nglamar jadi Ghost Writer, blm bisa legowo

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih nyiapkan mental ya mba Rahayu..hehe..akuoun sama. Kadang masih suka narsis padahal bagi Ghost Writer harus menghilangkan imeg itu. Harua ikhlas..

      Delete
  11. Wah mba yurma ngeliat sampe ke tampilan g+ segala..punyaku berapa ya? Hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya aku suka kepoin pengunjung,pengikut Ama tampilannya buat motivasi juga sih mba Retno..

      Delete
    2. Iya aku suka kepoin pengunjung,pengikut Ama tampilannya buat motivasi juga sih mba Retno..

      Delete
  12. Waah...mba Yurma sampe lihat g+ nya segala...punyaku berapa ya...

    ReplyDelete
  13. Pernah sekali jadi ghost writer :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah keren nih Inayah bisa jd Ghost Writer

      Delete
  14. blog-nya mbak Elisa sama juga dgn saya, life style blog alias blm menentukan hanya fokus ke satu bahasan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, aku juga blognya masih gado-gado juga abis pengen nulis banyak hal sih..

      Delete
  15. Makasih mbak udah di ulas tapi sejujurnya tidak terlalu setinggi itu secara masih banyak kurangnya huhuhu...masih sibuk berguru dan berburu ilmu sana sini, masih suka mupeng dengan orang lain yang lebih hebat dan konsisten di bidangnya...hiks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini dia orang yang kita gosipin hihi..thank's mba udah mampir, semoga semakin banyak ilmu yang aku dapat dari mba elisa

      Delete
  16. Tulisan yang sangat menarik dan memberikan inspirasi.

    ReplyDelete

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.