Wisata Alam Lubuklinggau

Konten [Tampil]
Happy holiday, saatnya kita travelling lagi.  Sekarang kita berada di Kota Lubuklinggau.  Kota ini merupakan Ibukota Kabupaten Musi Rawas Sumatera Selatan.  Akses ke Lubuklinggau bisa ditepuh dengan jalur darat maupun udara.  Kalau jalur darat kota ini melewati jalan lintas Sumatera lho.. Jadi kalau kamu dari pulau Jawa bisa menuju Lubuklinggau melewati Pelabuhan Merak ke Bangkeuhuni ke Lampung terus melewati jalan lintas Sumatera kira kira 15 jam perjalanan nyampai deh ke Kota Lubuklinggau.

Baca juga trip sebelumnya Wisata Alam Sumatera Barat

Perjalanan dari Sumatera Barat menuju Lubuk Linggau melewati jalur lintas Sumatera

Nah, kalau jalur udara bisa kapan saja menurut jadwal penerbangan maskapai tertentu.

Perjalanan kami menuju Lubuklinggau merupakan rangkaian trip pas liburan. Jadi untuk sampai ke Lubuklinggau kami melewati Solok, Danau Singkarak, Darmasraya, Muaro Bungo Jambi selanjutnya Lubuklinggau. Lumayan menghabiskan malam di perjalanan.

Baca juga trip sebelunya yaitu Wisata Keren ke Batusangkar

Sesampai di Lubuklinggau pukul 03.10 pagi. Kami segera mencari Rest Area . Tempat yang paling nyaman untuk dijadikan rest area menurut kami adalah pom bensin dengan berbagai pertimbangan antara lain masalah keamanan dan fasilitas yang tersedia. Kebetulan di tempat rest area tersebut menurut saya mempunyai fasilitas yang lumayan lengkap. Kamar mandi yang bersih, air bersih, Musalah, dan tersedia juga sarapan.

Landmark Kota Lubuklinggau

Aku sendiri lebih memilih beristirahat di atas kendaraan menemani anak-anak yang sudah terlelap sejak masih di Muaro Bungo. Sementara suami membersihkan diri di kamar mandi umum.

Ternyata pengemudi yang memanfaatkan rest area ini cukup ramai mungkin efek liburan. Namun menurut informasi penjaga rest area tersebut meskipun hari hari biasa pengemudi yang beristirahat tidak pernah berkurang. Kita bisa lihat dari truk truk besar yang juga memanfaatkan rest area ini.
Wajar sih, jika di sini dijadikan istirahat sementara secara Kota Lubuklinggau memang posisinya berada di pertengahan bagi pengendara yang mempunyai tujuan ke Pulau Jawa apabila dari Sumatera Barat, Pekan Baru, Jambi atau dari Sumatera Selatan.

Baca juga sebelumnya trip Wisata Sejarah ke Sawahlunto

Nah, ketika mulai terlihat geliat warga kota ini, kami pun mulai beranjak mencari penginapan agar trip holiday menjadi nyaman serta tidak terkesan tergesa - gesa.

Berdasarkan informasi dari teman kuliahku Asria tentang tempat tempat wisata di Kota Lubuklinggau , kami segera hunting tempat wisata terdekat saja.

Beberapa wisata alam yang dapat Anda kunjungi di Lubuklinggau antaralain :

Wisata Waterfang

Waterfall merupakan bendungan yang dibangun oleh pemerintah Belanda untuk keperluan pengairan pertanian di sekitar nya. Akses ke waterfall cukup dekat dari Pusat Kota. Letaknya di tengah tengah kota menjadi pilihan pengunjung yang memang berencana berlibur, akses yang singkat ini menjadikannya cukup favorite untuk dikunjungi.

Tidak ada retribusi khusus untuk memasuki kawasan waterfall, hanya ongkos parkir kendaraan saja.

Apabila Anda lelah ingin beristirahat di sini banyak pondok pondok untuk beristirahat. Ada makanan ringan juga seperti bakso, Mie ayam, pempek, serta aneka minuman ringan.

Beberapa anak terlihat menikmati air terjun dengan melompat dari atas jembatan gantung. Tak sedikitpun kekhawatiran apabila sewaktu waktu tidak bisa berenang. Mereka begitu menikmati curahan air terjun, bermain air, melompat dengan berbagai gaya dari atas jembatan.

waterfall dari bawah jembatan gantung

Aku sendiri sebenarnya takut melewati jembatan gantung. Sensasi goyangan jembatan yang mengayun diatas air terjun seakan akan menantang adrenalin. Lain halnya dengan anak-anak ku mereka justru merasa senang berada di atas jembatan gantung. Setelah melewati jembatan gantung kita bisa menikmati sensasi percikan air terjun dari bawah jembatan.

Bukit Sulap

Bukit Sulap terletak di pusat kota Lubuklinggau. Dari tengah kota sebenarnya bisa dilihat view Bukit Sulap, namun untuk lebih jelasnya kita bisa menuju ke Bukit Sulap dengan kendaraan biasa. Akses ke sana cukup mudah bisa ditempuh dengan ojek atau kendaraaan roda dua maupun roda  empat. Pemerintah Kota Lubuklinggau memang merencanakan sebuah alternatif tempat wisata yang di desain indah dan menarik. terbukti ada sebuah market plane yang terpasang di lokasi. Beberapa permainan eduktif dan hiburan akan disediakan oleh pemda setempat. Saat kami berkunjung terlihat banyak pekerja yang sedang membenahi infrastruktur  disini. Rel kereta sudah dipersiapkan, kereta yang akan membawa pengunjung ke puncak bukit nantinya juga telah terpasang di sana.

Lokasi Pelataran Parkir Bukit Sulap

kereta gantung yang terihat dari perumahan penduduk

view Kota Lubuklinggau dari Bukit Sulap

Air Terjun Temam

Perjalanan dari Pusat kota Lubuklinggau menuju Objek wisata Air Terjun Temam sekitar 15 menit. Wisata selanjutnya yaitu Air Terjun Temam. Berlokasi sekitar 6 kilometers dari pusat kota. Akses ke lokasi cukup baik, jalan aspal mulus hingga sampai ke lokasi.

Baca Juga trip sebelumnya Wisata Keren ke Bukittinggi

Retribusi cukup murah kok, hanya 2000 perorang. Di sini kita bisa menikmati pemandangan air terjun dari berbagai posisi. Dari atas jembatan gantung, dari sisi kiri dan kanan, serta view dari bawah.  Untuk memandang air terjun dari bawah Anda bisa menuruni tangga yang cukup banyak.  Hehe, soalnya saya sempat ngos ngosan juga, di bawah air terjun kita bisa mandi dan menikmati curahan air yang cukup tinggi.

Pemerintah setempat terlihat cukup perhatian dengan tempat wisata ini, hal ini terlihat dengan banyak nya tempat tempat peristirahatan seperti pondok pondok di sekitar air terjun.

Air Terjun Temam view dari atas

Air Terjun Temam view dari tangga

Apabila Anda mempunyai nyali lebih bisa juga mencoba Flying Fog dengan medan cukup menarik yakni melewati air terjun. Setelah puas memanjakan mata saatnya memanjakan lidah.  Berhubung sudah ada panggilan dari  dalam kami segera meninggalkan lokasi air terjun untuk segera mengisi perut. Selain tempat  wisata yang sudah kami kunjungi diatas  sebenarnya masih banyak tempat wisata lain nya yang belum sempat didatangi namun berhubungan waktu liburan sudah usai kami segera bersiap siap pulang.

Dalam perjalanan pulang tak sengaja melewati sebuah mesjid yang terbilang megah. Rupanya ini adalah mesjid Raya Kota Lubuklinggau.

Mesjid Raya kebanggaan masyarakat Kota Lubuklinggau
Mesjid Raya Lubuklinggau

Dalam perjalanan ke Lubuklinggau kali ini sebenarnya masih banyak yang akan dikunjungi namun belum mendapat Kesempatan semoga dilain hari kita bisa melanjutkan perjalanan kembali.

Terimakasih sudah mengikuti perjalanan kami, banyak sekali pelajaran yang dapat diambil dari perjalanan kali ini.  Yang kesemuanya akan menjadi cerita indah buat anak-anak ku,  terimakasih buat suamiku yang sudah memberikan kejutan buat kami. Love you so much.

BACA JUGA YA Wisata Alam Sumatera Barat, Wisata Keren Bukittinggi, Wisata Budaya ke Batusangkar, Wisata Sejarah Di Sawahlunto dan yang terakhir Wisata Alam Lubuklinggau.
Alhamdulillah. Selamat Berlibur.

17 comments

1. Wah senangnya bisa jalan-jalan bareng keluarga. ^^ Semoga bisa ke lubuklinggau, nabung dulu.

Replies
    1. Iya, Kebetulan trip murah meriah mba, anak-anak enjoy juga. Kapan mau istirahat kita berhenti.. Terus lanjut lagi..

Delete
    2. Iya, Kebetulan trip murah meriah mba, anak-anak enjoy juga. Kapan mau istirahat kita berhenti.. Terus lanjut lagi..

2. Wah, asyiknya..
    saya belum pernah nih ke sumatera. semoga suatu saat kesampaian jalan2 keliling Indonesia ^^

1. Ayo mba wisata ke Sumatera.. Banyak tempat indah indah lho

3. aaa aku jadi kangen bukittinggi, kotanya asri adem, dan bersihhh

Replies
    1. Oh... Udah pernah ke sumbar ya.. Tahun brapa DE..

Delete
    2. Oh... Udah pernah ke sumbar ya.. Tahun brapa DE..

3. aku dah pernahnya ke padang....n bukittinggi, baguuuuuuus bangett, huhuuu
      pmandangannya itu loh, masih asri banget.
      mb gempa kemarin ga kenapa kenapa kan?? aku liat beritanya di tipi, tahun 2014 akhir ke padangnya

Delete
    4. Ga papa alhamdulillah.. Cuma goyangnya bikin trauma.

4. Bukit Sulap, menyulap mataku rasanya indah banget lihatnya :)
    semoga suatu hari bisa ke sana, aamiin

1. Iya, dr sana view-nya bagus. Mungkin sekarang udah selesai pengerjaannya

Delete
  5. Banyak juga destinasi wisata di Lubuklinggau ternyata. Air terjun temam itu luar biasa indahnya. Semoga suatu saat saya sampai juga ke Lubuk Linggau. Sudah sering mendengar namanya sebagai penghasil gula aren top :)

1. Oiya, saya belum pernah ke daerah penghasil gula arennya

Delete
  6. Alhamdulillah. sudah pernah mampir ke sini. hihi. Waktu menyaksikan pembukaan Musi Tribuatton. Tapi sayang, yang bukit sulap waktu itu belum jadi :(
    Ga mampir bukit telunjuk Mba? hehe.
    Air terjun Temam, aku suka foto di jembatannya.

Salam kenal mba :) berkenan mampir ke blog saya insanwisata.com

Replies
    1. Oya, jembatannya tinggi banget takut kesana. Bukit telunjuk belum pernah ak kesana.

7. Ke Lubuklinggau beberapa kali cuma lewat doang sayang banget ya,
    jadi tempat persinggahan perjalanan Bengkulu - Jakarta atau sebaliknya..

ReplyDelete

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.