Saatnya Gadged Ramah Anak - Yurmawita's Blog Saatnya Gadged Ramah Anak | Yurmawita's Blog
Friday, January 29, 2016

Saatnya Gadged Ramah Anak


Orang tua mana yang tega melihat anaknya merengek meminjam gadged. Sekali dua kalinya mungkin bisa tegaan, namun ketika beradu argumen dengan bibir mungilnya. Ahh..luluh juga.

"Teman-teman Abang boleh pegang tablet, Mi.."
"Kata Bu Guru boleh mencari tugas di Internet, Mi..."
"Adek mau main game seperti Abang itu, Mi.."



Bukan..sayang, Bukan aku mau membatasi ruang keingintahuan mu atas luasnya ilmu yang ada di dunia luar sana, Sayang...Bukan juga aku menjadikanmu kolot tak berpengetahuan macam katak dalam tempurung. Namun kamu belum mengetahui bahwa ada banyak bahaya yang mengintaimu, Anakku.

Bahaya yang bisa saja mengancam masa depanmu. Bahaya yang bisa merenggut kebahagiaan masa kecilmu, Sayang. Sengaja aku tidak mau bercerita kepadamu sebanyak apa bahaya di dunia maya itu. Yang ku tau adalah aku hanya ketakutan ketika kau mengetahui betapa dunia maya itu bisa saja membuatku kehilanganmu, Anakku.

Sekalinya aku pernah melihat postingan tentang anak seumuranmu sudah melakukan adegan 'orang besar' berpelukan ketika merayakan ulang tahun. Duh...Tuhan, seketika aku langsung membayangkan wajahmu, berlindung dari perbuatan semacam itu, Nak!

Suatu waktu aku pernah melihat postingan anak seumuranmu juga yang 'maaf' melakukan perbuatan layaknya wanita jalang, berpose tak senonoh menampakkan daerah terlarangnya yang belum berkembang sempurna. Ya... Tuhan, Aku juga langsung bermunajat agar kamu dihindarkan dari perbuatan seperti itu, Nak!

Belum lagi berita di tv, berita di media online tentang bullying, anak seumuranmu sudah harus mengalami penghinaan dari teman-teman yang tak pernah mengerti tentang sopan santun.

Semua itu mungkin belum seberapa dibanding apa yang tersembunyi di dunia maya sana, Anakku. Itulah yang menjadikanku begitu berat untuk memberikan kepercayaan kepadamu atas sebuah benda yang bernama Gadged. Meskipun dahulu kamu sempat memegangnya, namun dalih hilangnya waktu bermainmulah yang membuatku mengambil keputusan untuk mengambilnya kembali.

Memang tidak bisa dipungkiri zaman kita sudah berbeda, aku hidup dizaman yang minim hiburan, yang ada hanyalah sebentuk televisi hitam putih. Itu juga cuma bisa ditonton beramai ramai ketika hari minggu atau hari libur saja. Tidak ada yang disembunyikan, bahkan tua muda, anak-anak dan dewasa cuma menonton tayangan yang sama dan tentu saja telah melalui sensor disana sini. 

Tapi di zamanmu amatlah berbeda anakku. Semua orang bisa saja memperlihatkan apa saja yang ada pada dirinya tanpa bisa dihalangi oleh siapapun. Semua orang tak terbatas umur bahkan bisa berkomunikasi dalam diamnya menjelajah pribadi orang lain Tanpa ada yang dapat membatasinya. 

Anakku, seandainya ada gadged yang bisa melindungimu dari bahaya tekhnologi dunia maya sana, aku yang pertama akan menghadiahkan untukmu. Sebab kegusaranku telah terjawab dengan gadged pintar yang mengerti akan kegusaranku sebagai orang tua yang teramat menyayangimu. 

Apa yang menjadi kekhawatiranku selama ini ternyata juga dialami oleh orang tua lainnya sebagaimana dilansir oleh The Asian Parent sebuah lembaga survey yang konsen terhadap perkembangan anak. Hasil survey terhadap 2500 orangtua di Singapore, Thailand, Indonesia, Malaysia, dan Filipina dinyatakan bahwa 92% orang tua menghawatirkan terganggunya kesehatan, 90% beraktivitas ketergantungan, 88% pengaruh konten negative. 

 Tentang Acer Liquid Z320



Ternyata kegusaranku terjawab sudah, saat ini sudah ada gadged yang aman untuk anak yaitu Acer Liquid Z320. 

Acer liquid Z320 adalah solusi untuk orang tua yang mendambakan anak-anak nya tetap mendapat hak mereka terhadap kecanggihan ilmu pengetahuan sekaligus tidak kehilangan masa kanak kanak mereka.
Sumber gambar dari Acer

Fitur Kids Center 

Fitur  Kids Center merupakan fitur yang dihadirkan oleh Acer Z320 yang sudah free install di dalam smartphone ini fungsinya yaitu membatasi aplikasi yang digunakan oleh anak. Kids Center dilengkapi dengan Parental Control yang dapat dimanfaatkan oleh orang tua untuk memantau aktivitas penggunaan internet oleh anak. 
Sumber gambar dari Acer

Seringkali kita para orang tua tidak menyadari jika banyak sekali aplikasi baru yang secara sengaja maupun tidak disengaja terdownload di smartphone, kemungkinan ini bisa saja terjadi apabila orang tua tidak mengawasi aktivitas anak dengan smartphone. Anak-anak biasanya belum bisa sepenuhnya mengerti mana yang akan di download. Akibatnya tidak sedikit orang tua yang terkejut mengapa banyak sekali aplikasi maupun game aneh tiba-tiba saja sudah ada di smartphone. Nah, Acer Z320 dengan Fitur Kids Center nya yang dilengkapi Parental Control ini dapat membantu orang tua mengatur keamanan penggunaan smartphone untuk mencegah anak dari mendownload konten dewasa atau membeli aplikasi baru tanpa izin dari SpAcer. 

Sumber gambar dari Acer

Media Pembelajaran 

Acer Z320 dilengkapi dengan media pembelajaran yang mengasikkan. Ternyata Acer Z320 ini memiliki ribuan aplikasi edukasi untuk memantau belajar anak-anak serta mengasah kreativitas mereka melalui berbagai media pembelajaran. 

Konten Terbaru 

Setiap saat Acer akan mengupdate konten-konten terbaru sehingga putra - putri kita senantiasa mendapatkan ilmu baru dan tidak ketinggalan dengan anak-anak lainnya. 

Game dan Video

Tidak perlu khawatir jika anak-anak akan kehilangan naluri bermain mereka. Acer Z320 juga menyediakan game dan video yang dapat dinikmati oleh anak-anak sepulang sekolah maupun waktu libur. 


Inilah jawaban atas kegusaranku selama ini. Dengan Acer Liquid Z320 anak senang orang tua tenang. Beberapa aplikasi yang memungkinkan orang tua untuk melakukan proteksi terhadap situs situs yang membahayakan anak-anak. Baik konten pornografi maupun kekerasan.

Jika hati sudah tenang maka kita bisa beraktivitas lagi tanpa khawatir terhadap pengaruh buruk akibat Gadged. Bukankah begitu, Bunda?  

12 comments:

  1. wajib punya nih..
    apalagi ahza suka nonton youtube di hp huhu

    ReplyDelete
  2. Acer makin manteb uy. Ramah anak banget. Nabung dulu deh sambil nunggu harganya murah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba.. Sepertinya memang banyak yang nunggu launcing

      Delete
  3. ibu-ibu yang punya anak dibawah 10 tahun seperti saya wajib punya nih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Meminimalisir pemakaian data bisa juga kayaknya karena ga sembarang bisa download

      Delete
  4. Henpon nya gak terlalu besar dan gak terlalu kecil, cocok di grnggam oleh anak anak untuk menggambar, main games

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba. Terimakasih ya atas kunjungannya

      Delete
  5. jd pgn punya ini, buat si kecil ken :)

    ReplyDelete
  6. daripada gadget ku, mending Alfi dibeliin ACER aja sekalian ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh, a da maestro sowan kemari. Terimakasih atas kunjungannya

      Delete

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.