Pentingnya SPF 15 untuk perlindungan optimal kulit sepanjang hari

"Kakak mau kulitnya putih, Mi." Celetuk putri pertamaku yang baru berusia 6 tahun.
Ia sering terlihat menaburkan bedak bayi pada tubuhnya setelah mandi. Bahkan siang hari ketika pulang sekolah ia rajin sekali menumpahkan bedak. Lain waktu ia terlihat berlama-lama di kamar mandi menggosok-gosokkan kulitnya dengan sabun mandi.

Fenomena kulit putih memang sangat menjamur di kalangan wanita, terlebih mereka yang memandang kecantikan itu berasal dari penampilan fisik. Kulit yang putih, bersinar, mulus memang membuat daya tarik sendiri. Kesan bersih dan cantik langsung terpancar dari seseorang yang berkulit putih. Oleh karena itu banyak orang yang berlomba-lomba menginginkan kulitnya putih.


Namun dibalik penilaian kebanyakan orang tentang kulit putih, ada hal penting yang perlu diketahui oleh kita yakni tentang bahaya sinar matahari terhadap penuaan dini.

Penuaan Dini
Kulit yang terkena sinar matahari langsung dapat menyebabkan warna kemerahan. Warna merah ini lama kelamaan akan menyebabkan kerutan pada kulit sehingga kulit mengalami penuaan. Penuaan yang terjadi sebelum masanya dikenal dengan istilah penuaan dini. Oleh sebab itu kita membutuhkan pelindung dari sinar matahari langsung.


Pada area kulit yang tertutup biasanya tidak menjadi masalah besar. Namun lain halnya dengan kulit yang tidak tertutup seperti muka, tangan, maka kita butuh cara pintar untuk melindunginya, cara efektif yang dapat dilakukan adalah dengan memakai lotion yang mengandung sunblock. Fungsi sunblock memang tidak sepenuhnya melindungi dari dampak buruk sinar matahari. Asumsinya jika kulit terkena sinar matahari selama 5 menit efeknya menyebabkan kulit memerah seperti terbakar, maka dengan mengggunakan pelindung kulit, efek terbakarnya kulit oleh sinar matahari akan lama.

SPF
Sun Protection Factor (SPF) merupakan istilah dalam kosmetika yang digunakan untuk melindungi kulit dari pengaruh buruk sinar matahari. Ada beberapa jenis SPF yang beredar di pasaran antara lain SPF 15, SPF 18, SPF 40, dll. SPF 15 merupakan daya lindung yang terkecil dari jenis SPF lainnya. Namun bukan berarti besarnya angka SPF artinya daya lindungnya semakin besar pula. Kenaikan angka SPF hanya membedakan efektifitas daya lindung yang tidak terlalu signifikan.

UVA dan UVB
Jenis lain dari daya lindung sinar matahari adalah UVA dan UVB. Keduanya merupakan perbedaan panjang gelombang sinar ultraviolet. UVA akan menembus lapisan kulit menembusnya hingga ke lapisan bawah atau dermis sehingga menyebabkan timbulnya flek hitam. Sedangkan UVB efek tembus kulitnya hanya di permukaan kulit saja dan menyebabkan kulit menjadi gelap.

Marina UV White Ekstra SPF 15


Saya sendiri mempunyai aktifitas di luar ruangan antara lain menjemput anak sekolah dengan mengendarai motor. Kegiatan ini dilakukan sekitar jam 12.00 WIB. Pada waktu tersebut sinar matahari sedang di titik puncaknya, intensitas cahaya yang demikian banyak mengenai kulit.
Biasanya lima atau sepuluh menit sebelum mengendari motor, saya selalu menggunakan lotion Marina UV White Ekstra SPF 15 yang dapat melindungi kulit dari 94% sinar UV. Selain itu kulit yang dilindungi oleh lotion akan terasa halus sehingga menghindari dari goresan akibat bersentuhan dengan benda-benda yang kasar di kulit. bekas jahitan yang kurang halus, rosleting, kancing baju, maupun benda-benda lain yang secara tidak sengaja menyentuh kulit.


Keunggulan lainnya dari Marina UV White Ekstra SPF 15 adalah tidak lengket di kulit. Ketika lotion menyentuh kulit maka akan langsung diserap oleh lapisan kulit luar tanpa meninggalkan bekas di kulit yang akan terasa lengket. Manfaat lainnya adalah kandungan vitamin A dan E pada olive oil dan avokado dikenal baik untuk merawat kulit kering.

Untuk wanita yang mengenakan jilbab seperti saya, biasanya area pergelangan tangan, muka  sangat rentan mengalami akibat buruk dari sinar matahari. Kulit menjadi belang sehingga sangat tidak nyaman dilihat. Apalagi ketika sudah di rumah, belang-belang di area ini sangat kentara.

Namun dengan perlindungan optimal dari Marina UV White Ekstra SPF 15 Aktivitas saya di luar rumah selain antar jemput anak sekolah yakni ke pasar, kegiatan ekstrakurikuler, merumput, angkat jemuran, dll tidak lagi menjadi penghalang@@@


No comments

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.