Belajar Membaca

Anakku Fajar (4 th) belajar membaca secara otodidak. Tanpa pernah kusadari sebelumnya ternyata Ia sudah bisa membaca lancar. Ketika umur 3 tahun Ia mampu menyebutkan berbagai merek kendaraan bermotor tak lama kemudian Ia juga mampu menunjukkan merek berbagai peralatan elektronik tepat dengan tulisan yang tertera pada alat tersebut.

Lalu ia sering terlihat memperhatikan tulisan di televisi, papan reklame, hingga tulisan di kemasan makanan ringan. Hingga akhirnya di usia 3,5 tahun Ia lancar membaca kalimat-kalimat panjang dengan huruf yang kecil-kecil seperti pada koran dan buku tanpa keliru.

Namun begitu, kemampuan membaca yang ia miliki tak sepenuhnya betul secara EYD. Ia belum mampu mengubah huruf-huruf tertentu menjadi bacaan yang lazim ditelinga.

"Mi... Abang mau es ca-pu-ci-no cin-cau" Pintanya suatu ketika.

Aku tersenyum mendengar pintanya.

"Bukan Ca Pu Ci No tapi Ka Pu Ci No." kataku membetulkan.

"Bukan...Capucino. Tuh kan huruf 'C" bukan 'K' "

Ia tetap ngotot dengan pendapatnya.

"Tapi 'C' nya di baca 'K', Abang..."

Ia tetap tak mau mengubah pendapatnya. Jika Capucino dibaca 'Kapucino'. Hingga kakaknya ikut-ikutan menertawakannya.

Suatu hari ia membaca dengan keras sekali sebuah tulisan yang ada di buku pelajaran Kakaknya

"Kahaya matahari Kenderung redup ketika mendung."

hihihi.. dasar Abang...

Cerita Lucu ini ditulis untuk acara Vania's May Giveaway


7 comments

  1. hihihihi...... cahaya dibaca Kahaya yaa,,,
    emang susah sih, menentukan mana yang dibaca C dan mana yang dibaca K yaaa
    tapi hebat sekali isa belajar membaca secara otodidak, gimana caranya tuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bunda Elsa, Fajar belajar sendiri. mungkin lantaran sering lihat kakaknya yang kelas 1 SD belajar

      Delete
  2. Dija belom bisa membaca Tante...

    :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sering di tunjukkn merek kendaraan seperti avanza, xenia, daihatsu, kiri, sharp gitu-gitu deh..pas jalan-jalan ketika ada merek itu dia akan menebak sendiri bacaan tersebut.

      Delete
  3. wah Fajar pintar ya.. cepet membacanya, belajar sendiri pula.. ^_^

    "Kahaya matahari Kenderung redup ketika mendung." ---> hahahaaa! kocak banget ini..

    bener2 diterapkan apa yg dikasih tau mama ntuh.. wkwk..

    makasih udah berpartisipasi ya mbak.. sudah kami catat sebagai peserta.. :-)

    ReplyDelete
  4. hahaha salam kenal deh buat Fajar dari Un-Cle Lozz hahaha


    terima kasih sudah ikutan berceloteh di GA Vania’s May Day

    sudah tercatat sebagai peserta ya

    ReplyDelete

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.